Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisata Soge Pacitan. Foto: Investor Daily/Istimewa

Wisata Soge Pacitan. Foto: Investor Daily/Istimewa

Menikmati Wisata Pantai Soge Pacitan

Minggu, 21 Februari 2021 | 07:17 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

BAGI kebanyakan orang, destinasi wisata Pacitan tak seterkenal Malioboro, Yogyakarta. Bahkan, tak sekondang Malang yang samasama terletak di Jawa Timur. Tapi, jangan salah, Pacitan punya destinasi wisata menarik dan patut dikunjungi oleh wisatawan.

Ya, Pacitan ternyata memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sebut saja misalnya, obyek wisata alam Pantai Klayar dan Goa Gong. Di luar itu, masih ada sederet obyek wisata alam memikat di Pacitan. Keindahan panorama alam Pacitan selain obyek wisata alam juga geometri jalan yang indah di Jalan Lintas Selatan (JLS) Jawa Timur.

Salah satu cara menikmati traveling salah satunya adalah menikmati keindahan panorama alam di sepanjang jalan. Jalur terindah yang pernah penulis lewati di Pulau Jawa adalah jalan sepanjang Pantai Soge di Pacitan.

Bagi wisatawan yang pernah melancong ke Australia pastilah mengenal jalan yang sangat indah, yaitu Great Ocean Road. Jalan itu terletak di sepanjang pantai Selatan ke timur Australia. Jalan tersebut membentang antara Kota Victorian Torquay dan Allansford.

Nah, Pacitan punya koleksinya yang tak kalah cantiknya. Saat wisatawan melakukan perjalanan darat melewati jalur Pantai Selatan (Pansela) Kabupaten Pacitan, jangan lupa untuk mampir sejenak menikmati keindahan pantai Soge. Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota, memiliki keindahan alam yang cukup cantik. Bahkan, banyak wisatawan, menyebut kawasan pantai Soge ini mirip dengan Great Ocean Road di Australia atau Pantai Senggigi di Lombok.

Pesona keindahan Pantai Soge di Pacitan ini sudah bisa dilihat, bahkan sebelum menginjakkan kaki di pasir pantainya yang putih. Tidak itu saja, suasana Pantai Soge ini agak mirip dengan pantai Senggigi di Lombok yang keindahan pantainya bisa dinikmati dari pinggir jalan. Keindahan Pantai Soge merupakan perpaduan antara bukit kapur, geometri jalan, pantai, sungai, dan muara sungai.

Apalagi bila wisatawan berdiri di titik yang tepat, yakni di tepi jalur Pansela tepat di atas pantai, pasti akan menikmati panorama luar biasa. Karena berada di tepi jalan, keindahan alamnya sulit diungkapkan dengan kata-kata. Selain itu, ada juga jembatan yang sangat eye catching di Pantai Soge, Jembatan Biru dengan desain yang futuristik.

Ketika mencapai lokasi pantai, pasti wisatawan akan berseru, “Indah!”. Itulah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai Soge ini yang terbentang di kawasan Samudra Hindia itu. Lokasinya sekitar 276 kilometer barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Di pantai ini, ada muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150 meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai.

Di sisi sebelah timur pantai, ada ”danau kecil” yang terbentuk karena air tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah. Ini juga bisa dimanfaatkan para pengunjung menikmati keindahannya.

Ada juga kawasan cemara pandang, dimana di titik ini, pengunjung bisa menyempatkan berfoto ria dengan latar belakang cemara. Di pantai Soge ini juga sudah dibangun kawasan pusat kuliner, oleh-oleh dan toilet, gazebo dan area parkir yang cukup luas untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Semua fasilitas tersebut bisa diperoleh hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5 ribu per orang. Pantai ini masih dikelola Pemerintah Desa Sidomulyo.

Fasilitas di Pantai Soge

Wisata Soge Pacitan. Foto: Investor Daily/Istimewa
Wisata Soge Pacitan. Foto: Investor Daily/Istimewa

Dikarenakan tempatnya yang agar terpencil dan belum banyak wisatawan yang datang kesana, pemerintah daerah sepertinya belum memperhatikan betul mengenai fasilitas-fasilitas di Pantai Soge yang terlihat masih sangat minim tersebut. Hanya ada sedikit fasilitas penunjang yang bisa Anda temukan saat mendatangi pantai ini.

Untuk Anda yang datang ke Pantai Soge dengan menggunakan kendaraan bermotor, tidak perlu pusing memikirkan di mana Anda bisa memarkirkan kendaraan karena di sana telah disediakan lahan parkir yang lumayan luas yang bisa menampung banyak kendaraan. Selain itu biayanya juga tergolong murah.

Jika Anda ingin menikmati sensasi lain berlibur di Pantai Soge yang tidak hanya bermain atau berlarian di atas hamparan pasir putih yang lembut, Anda bisa mengeluarkan biaya lebih lagi untuk menyewa perahu wisata milik nelayan yang bisa memuat beberapa orang dengan biaya sebesar Rp 15.000 per orang untuk menyusuri lautan yang biru atau menyewa speed boat yang bisa menampung dua orang dengan harga yang sedikit mahal.

Dengan kendaraan tersebut Anda bisa berkeliling sedikit lebih jauh dari tepi pantai untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Soge.

Warung-warung yang ada di sekitar Pantai Soge juga tidak terlalu banyak dan semuanya adalah milik dari penduduk setempat. Walaupun begitu masih lumayan untuk Anda yang merasa lapar setelah bermain berjam-jam di pantai.

Diharapkan kedepannya pemerintah Kabupaten Pacitan atau pihak swasta lebih memperhatikan objek wisata ini karena potensinya untuk dibanjiri para wisatawan sangat besar. Jika fasilitas-fasilitas penunjang makin banyak disediakan, pengunjung pun juga semakin tertarik untuk menikmati eloknya panorama salah satu pantai di Pacitan ini.

Hunting Foto

Wisata Pantai Soge Pacitan. Foto: Investor Daily/Istimewa
Wisata Pantai Soge Pacitan. Foto: Investor Daily/Istimewa

Hunting foto di pantai ini tentu akan terasa mengasyikan karena Anda bisa mendapatkan banyak pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Sebut saja misalnya pasir putih dengan air lautnya yang biru, rimbunnya pepohonan kelapa di sekitar pantai juga menjadi daya tarik sendiri bagi bidikan kamera Anda.

Apalagi tempat ini juga masih belum banyak dikunjungi orang sehingga Anda bisa dengan leluasa mengambil foto atau berselfie ria tanpa harus merasa terganggu dengan hadirnya banyak orang berlalu-lalang di sekitar anda.

Jika Anda menaiki perahu wisata, Anda juga bisa mengabadikan momen seru saat anda berkeliling di sekitar laut. Siapa tahu Anda bertemu dengan ikan yang cantik.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN