Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
kika: Irene Irene Nadya selaku CMO Menimize dan  Johanes Salikin selaku CEO Menimize memperlihatkan karya figure 3 Dimesi dari gambar yang diambil dari Portable 3D Camera bernama The Menimizer.

kika: Irene Irene Nadya selaku CMO Menimize dan Johanes Salikin selaku CEO Menimize memperlihatkan karya figure 3 Dimesi dari gambar yang diambil dari Portable 3D Camera bernama The Menimizer.

Menimize, Teknik Mutakhir Mengabadikan Momen Berharga dalam Bentuk 3D Figure

Jumat, 18 Juni 2021 | 09:17 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Mainan action figure, miniatur berbentuk 3 dimensi (3D) berupa sosok superhero atau anime pada film-film Hollywood telah digemari banyak orang sejak era tahun 1980-an. Bukan hanya anak-anak tapi juga orang dewasa, mereka bahkan membuat komunitas pecinta dan kolektor action figure yang anggotanya lebih banyak orang dewasa.

Kini tuntutan para penikmat action figure bertambah, tidak hanya sekadar berburu koleksi baru, tapi ingin agar sosok mereka bisa menjadi figure dalam bentuk 3D sebagaimana action figure koleksinya.

Tuntutan ini dibaca sebagai peluang menarik oleh dua anak muda, Johanes Salikin dan Irene Nadya. Dengan dukungan teknologi 3D yang berkembang begitu pesat, mereka berhasil membuat inovasi pemodelan 3D dengan nama Menimize.

“Kami melihat bahwa konsumen atau penikmat action figure, model kit dan mainan menginginkan sesuatu hal yang berbeda. Hal ini terlihat dari meningkatnya minat kostumisasi dari sebuah mainan sesuai keinginan dan gaya mereka. Ini tentu peluang untuk berinovasi dengan menciptakan sebuah kostumisasi figure guna menjawab kebutuhan tersebut.” papar Irene Nadya yang merupakan Chief Marketing Officer Menimize saat peresmian Menimize yang terletak di Lantai 2, Plaza Indonesia Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Startup industri teknologi 3 dimensi, Menimize resmi beroperasi di Plaza Indonesia, Jakarta.
Startup industri teknologi 3 dimensi, Menimize resmi beroperasi di Plaza Indonesia, Jakarta.

Tidak hanya menyasar pecinta action figure, startup Menimize juga menyasar segmen family milenial untuk pembuatan figure keluarga. Mereka bisa mengabadikan momen-momen berharga dalam bentuk 3D figure. “Misalnya ibu yang sedang hamil, tiap-tiap momen masa kehamilannya bisa diabadikan, seperti saat kandungan berusia 3 bulan, 7 bulan dan lainnya,” imbuh Chief Executive Officer Menimize, Johanes Salikin.

Untuk pengambilan gambar pelanggan bisa langsung datang ke studio Menimize di Plaza Senayan Jakarta untuk kemudian dicetak berbentuk 3D figure. Proses pengambilan gambar hanya membutuhkan waktu sekitar 3 detik, sementara proses keseluruhan hingga menghasilkan figure membutuhkan waktu 7 hari kerja.

“Bagi pelanggan yang tidak sempat datang ke studio, kami bisa buatkan figure-nya dengan mengirim foto, disarankan foto yang dikirim diambil dari berbagai sisi seluruh objek yang akan dibuatkan figure,” kata Irene.

Terkait pengambilan gambar di studio, Tim Menimize menyiapkan perangkat bernama The Menimizer, ini merupakan sebuah Portable 3D Camera yang dikembangkan tim engineer Menimize yang seluruhnya merupakan anak bangsa dan merupakan Portable 3D Camera pertama di Asia.

“The Menimizer memungkinkan kita untuk membuat pemodelan 3D secara praktis, cepat dan akurat. Kami mengembangkan The Menimizer dengan desain yang compact sehingga dapat diinstalasi pada ruangan berukuran 3x3 meter. Hal ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan mulai dari dokumentasi, pembuatan 3D digital asset hingga figure”, tambah Irene.

The Menimizer tersusun dari 17 tiang dengan total 119 kamera yang tersemat di seluruh tiang. The Menimizer mampu mengambil objek secara menyeluruh dengan kualitas High Definition hanya dalam waktu 3 detik.

Selain figure, dalam mengakomodir permintaan pelanggan, Menimize juga menghadirkan layanan file digital dan penyewaan The Menimizer. Hasil The Menimizer tidak terbatas pada figure, melainkan dapat berupa 3D asset digital yang bisa diolah menjadi model 3D dan animasi serta turunannya.

Sementara itu untuk figure, Menimize menyediakan tiga  varian yang dapat dipilih, yaitu Bust (setengah badan/sampai dada), Whole Body (seluruh tubuh), serta Toon (karikatur) dengan pilihan ukuran atau skala yang sesuai kebutuhan konsumen. Lebih dari itu Menimize, juga dapat mengkonversi file 2 Dimensi menjadi 3 Dimensi. Sehingga memungkinkan file foto 2 Dimensi di cetak dalam bentuk figure 3 Dimensi.

“Kami berharap dengan kehadiran rangkaian produk, inovasi dan teknologi dari Menimize dan the Menimizer, dapat menjawab berbagai kebutuhan mulai dari 3D asset, kostumisasi figure, dan lainnya. Lebih dari itu, kami juga berharap untuk dapat menjadi bagian dari kehidupan konsumen untuk mengabadikan beragam momen berharga,” urai Johanes Salikin.

Program Donasi

Dalam rangka peresmian operasional, Menimize tengah menggelar sejumlah promo dan diskon hingga akhir Juni ini. Selain itu Menimize menggelar progam donasi berbentuk exhibition dengan menggandeng salah satu fanbase besar BTS di Indonesia.

Figure member BTS hasil karya Menimize dipajang di Plaza Indonesia untuk di jual dan 15% dari hasil penjualan figure member BTS tersebut akan didonasikan melalui lembaga internasional untuk disalurkan pada anak-anak yang kekurangan gizi.

 

 

    

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN