Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisata Bintan. Foto: Investor Daily/IST

Wisata Bintan. Foto: Investor Daily/IST

Meningtip Destinasi Wisata Bintan

Minggu, 27 September 2020 | 05:19 WIB
Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Bintan punya potensi wisata yang memikat. Keindahan alam dan pesona budayanya sudah terkenal seantero Nusantara maupun manca Negara.

Daya tarik Bintan mendorong orang melancong ke kawasan ini. Laman Pemerintah Kabupaten Bintan menyebutkan bahwa pada 2019, jumlah kunjungan turis melampaui 700 ribu wisatawan.

“Hingga Desember 2019 menembus angka 727.526 wisatawan. Sungguh pencapaian yang sangat fantastis. Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Bintan optimis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara bisa mencapai 900 ribu bahkan tidak menutup kemungkinan akan menembus angka satu juta wisatawan,” tulis bintankab.go.id.

Kabupaten Bintan terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Kabupaten ini sebelumnya bernama Kabupaten Kepulauan Riau. Menurut laman tersebut, perubahan nama merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) PP No. 5 Tahun 2006 tanggal 23 Februari 2006 tentang Perubahan Nama Kabupaten Kepulauan Riau Menjadi Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

Mengutip www.itrip.id, terdapat sejumlah destinasi wisata memikat yang dimiliki Bintan. Mari kita intip destinasi-destinasi yang patut disambangi ketika berwisata ke Bintan.

Pantai Trikora

Lokasi Pantai Trikora terletak di Trikora, Kawal, Kecamatan Gn. Kijang, Kabuapten Bintan. Pantai berpasir putih ini memiliki pesona keindahan batu granit dengan garis pantai yang cukup panjang.

“Di pantai ini wisatawan dapat menghabiskan waktu mulai dengan berenang, snorkling, atau menjelajahi garis pantai hingga berjemur,” tulis www.itrip.id.

Keindahan pantai yang panjang ini kian lengkap dengan hadirnya air sejernih kristal. Area ini menjadi taman bermain tepi laut yang populer bagi penduduk setempat.

“Juga popular bagi penduduk dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia,” papar Indonesia. travel.id.

Bintan Lagoon Resort

Wisata Bintan. Foto: Investor Daily/IST
Wisata Bintan. Foto: Investor Daily/IST

Sebagai kawasan yang terkenal akan kekayaan baharinya, Bintan memiliki sejumlah resor di kawasan pantai. Bintan Lagoon Resort menjadi objek wisata utama yang menakjubkan. Terletak di sisi utara pulau, resor spektakuler ini menempati lahan seluas 23.000 hektare (ha) di sepanjang pantai berpasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan.

“Setidaknya terdapat 10 resor pantai mandiri, empat lapangan golf buatan, serta berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi di sekitar Bintan Resort yang terintegrasi,” tulis indonesia.travel.id. Resor ini juga kerap dijadikan tuan rumah penyelenggaraan Triathlon Bintan.

“Berlokasi di Pantai Pasir Panjang yang megah, menghadap ke Laut Cina Selatan yang megah, Bintan Lagoon Resort adalah resor bintang lima di pulau Bintan, rumah bagi matahari, laut, pasir, dan dua lapangan golf yang spektakuler,” tulis laman www. bintanlagoon.com.

Bintan Mangrove

Mengunjungi Lagoi, Bintan belum lengkap rasanya tanpa menikmati wisata lain di luar wilayah resor. Salah satu destinasi yang indah adalah Bintan_Mangrove. Hutan bakau ini merupakan area konservasi yang dilindungi pemerintah. Penduduk setempat turut mengembangkan wilayah ini hingga menjadi kawasan ekowisata yang sangat menarik. Dalam catatan Investor Daily, butuh sekitar 20 menit dari Bintan Lagoon Resort untuk menuju Bintan_Mangrove. Di sana, sudah ada dermaga kecil yang menyediakan paket tur hutan_mangrove _dengan menyusuri Sungai Lebong sepanjang 9 kilometer (km).

Selain sebagai destinasi wisata, kawasan ini juga menjadi lading pekerjaan bagi para nelayan di sekitar Bintan. Di sekililing terlihat pohon-pohon besar saling merambat dengan akar yang tak terlihat karena berada di dasar sungai. Cahaya matahari hanya bisa masuk lamat-lamat dari celah pepohonan yang saling berdempetan. Perahu harus melaju perlahan saat menelusuri hutan mangrove ini.

Hutan ini rupanya menghasilkan pohon jati. Batangnya coklat besar, tapi di dalamnya berwarna merah. Ada pula kayu yang biasanya dijadikan arang. Perahu di depan tiba-tiba berhenti di depan satu pohon besar. Mereka menemukan ular besar yang sedang tertidur pulas di dahan pohon.

Desa Senggarang dan Sebung

Wisata Bintan. Foto: Investor Daily/IST
Wisata Bintan. Foto: Investor Daily/IST

Destinasi wisata lain yang cukup memikat adalah Desa Senggarang dan Sebung. Senggarang merupakan kampung Cina paling menonjol di seantero Kepulauan Riau. Desa ini memiliki keberadaan tradisi Cina yang kuat di sekitarnya. “Desa nelayan kecil ini penuh dengan rumah panggung nelayan di pesisirnya,” tulis indonesia.travel.id.

Laman itu menulis, terdapat juga kuil Cina kuno di desa ini. Desa Sebung merupakan tempat yang cocok untuk mencari olahan seafood terbaik di Pulau Bintan. Terletak di dekat Sungai Sebung, Desa Sebung menyajikan hidangan laut segar di restoran yang berdiri di atas air, atau sering disebut Kelong.

“Sambil mengamati penduduk setempat, desa ini juga menawarkan pemandangan hutan bakau yang fantastis dan memanjakan mata,” papar indonesia.travel. id.

Pulau Penyengat

Destinasi lain yang juga bisa disambangi adalah Pulau Penyengat. Destinasi ini terletak di Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang. “Pulau ini dulunya merupakan pusat Kerajaan Melayu Riau- Lingga,” tulis indonesia.travel. id.

Disebutkan bahwa Istana Sultan yang telah dipugar diperkaya dengan keberadaan monument bersejarah dan peninggalan masa lalu, sebagai perpaduan yang menarik antara arsitektur Jawa dengan kolonial. Landmark terkenal lainnya di pulau ini, masih dikutip dari laman tersebut, adalah Masjid Agung Sultan Riau yang menakjubkan, yang dibangun dengan menggunakan campuran putih telur dan jeruk nipis sebagai semen.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN