Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Koleksi PakaianKoe diperagakan di Smesco, Jakarta, baru-baru ini.

Koleksi PakaianKoe diperagakan di Smesco, Jakarta, baru-baru ini.

PakaianKoe Angkat Karya Perajin Lokal

Minggu, 29 November 2020 | 10:57 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Koleksi PakaianKoe menggali dan mengangkat kembali karya perajin lokal berupa tekstil tradiisonal menjadi busana sehari-hari yang gaya. Koleksi diperagakan di Smesco, Jakarta, baru-baru ini.

Koleksi PakaianKoe merupakan penanda dimulainya Lakon Indonesia bergerak ke arah tekstil tradisional. Koleksi pertama yang bertajuk A Journey to Java ini menceritakan sebuah perjalanan dalam usaha pelestarian budaya.

Sesuai dengan judulnya, PakaianKoe adalah sebuah presentasi hasil dari apa yang dilakukan oleh Lakon Indonesia bersama dengan para pengrajin, khususnya di daerah Jawa.

“Selama lebih dari dari tahun ini Lakon Indonesia tidak hanya membina tetapi juga mengajak para pengrajin, untuk bekerja sama secara professional. Dengan tujuan untuk menggerakan roda perekonomian mereka.

Lebih jauh dari itu, kami juga memberikan pandanganpandangan yang baru dan ilmu-ilmu yang baru sehingga semuanya itu bisa berguna bagi masa depan mereka,” katapendiri Lakon Indonesia, Thresia Mareta dalam keterangan pers.

Di sini, lanjut Thresia, ia mengingatkan kembali mengenai prinsip-prinsip dasar budaya dan tradisi yang sudah mereka wariskan secara turun menurun, yang merupakan kekuatan dari karya mereka. Lakon Indonesia membantu mereka mengeksplorasi berbagai macam material seperti katun, denim kanvas, voile, taffeta, tile, dan chiffon sebagai material dasar batik dan jumputan, yang hasilnya digunakan di dalam koleksi PakaianKoe.

Selain itu, Lakon Indonesia juga membantu mereka membuat perubahan-perubahan secara teknikal, mengajarkan cara kerja dan cara pembuatan yang lebih benar sehingga kematangan karya mereka dapat berkembang dengan lebih baik.

“Tim kami bekerja dengan sepenuh hati merancang pagelaran PakaianKoe untuk mencapai hasil yang maksimal dari segala eksplorasi yang kami lakukan bersama. Bagaimana agar kolesi ini tidak hanya menjadi satu koleksi pakaian hasil produk lokal tetapi menjadi satu kolesi yang dapat mengangkat hasil karya tangan para pengrajin ini menjadi sesuatu yang mempunyai rasa dan standar yang dapat diterima dunia International. Sehingga dapat juga mengangkat nama Indonesia dan juga kota Jakarta yang merupakan jendela dari seni dan budaya Indonesia,” kata Thresia.

Thresia berharap, PakaiaKOe bisa menjadi suatu presentasi yang lebih dalam dan lebih sempurna dari apa yang pernah dibuat sebelumnya di Indonesia.

“Untuk itu kami mengajak beberapa professional di bidang lainnya untuk berkolaborasi bersama dalam mewujudkan sebuah presentasi yang benar-benar dapat menggambarkan dan mewakili Indonesia,” paparnya.

Mereka adalah Irsan, fashion designer yang bertindak sebagai Creative Director koleksi PakaianKoe, Adi Purnomo, arsitek yang akan merancang keseluruhan area presentasi, Davy Linggar yang akan menangani videografi, serta Addie MS dan Twilite Orchestra yang mengiringi acara secara live.

“Kami berharap bahwa ini dapat menjadi suatu titik balikdalam membuat perubahan-perubahan yang sangat diperlukan saat ini guna membangun budaya dan tradisi yang dapat menguatkan kepribadian Indonesia sebagai suatu bangsa,” tandas Thresia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN