Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisata Pantai Tablolong. Foto : Investor Daily/IST

Wisata Pantai Tablolong. Foto : Investor Daily/IST

Pantai Tablolong, Surga Tropis Indonesia

Minggu, 30 Agustus 2020 | 14:54 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

Meski tofografi daerahnya dikenal panas dan kering, NTT menyimpan pesona alam. Pesona itu yang terkenal adalah pantainya yang biru dibalut dengan pasir putih halus nan indah. Tak heran bila provinsi ini terkenal di kancah internasional.

Salah satu pantai yang indah di NTT ini adalah Pantai Tablolong. Pantai ini menyajikan pesona alam dengan hamparan pasir putih yang indah dan perairannya yang jernih menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Para pelancong akan dibikin takjub melihat deretan pantai pasir putih dan air laut yang berwarna kebiruan.

Di sini para wisatawan bisa bersantai menikmati surga tropis dengan suasana yang dijamin bikin betah berlama-lama. Pantai Tablolong yang berwarna biru jernih, menawarkan berbagai kegiatan wisata. Dengan ombaknya cenderung tenang, sangat cocok buat traveler yang sedang ingin menenangkan pikiran. Hamparan pasir putihnya begitu luas dan terasa lembut ketika menyentuh telapak kaki, menjadi daya tarik tersendiri yang bikin ogah pulang.

Meski udara di sekitar pantai sangat panas, suasana di sekitarnya terasa sangat asri dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak spot snorkeling dan menyelam. Beberapa sudutnya terlihat sangat Instagramable. Para pelancong dan traveler juga bisa menghabiskan waktu dengan berjemur.

Nama Tablolong berasal dari sebuah desa yang letaknya tak jauh dari lokasi pantai ini. Desa tersebut juga memiliki nama yang sama, namun uniknya desa tersebut merupakan sebuah desa dimana menjadi tempat tinggal para nelayan.

Rumah Adat Lopo

Wisata Pantai Tablolong. Foto : Investor Daily/IST
Wisata Pantai Tablolong. Foto : Investor Daily/IST

Pantai ini juga mempunyai beberapa Lopo atau rumah rumah adat atau dikenal dengan gazebo di sepanjang pesisirnya. Bangunan tradisional ini terlihat unik karena dibuat dari alangalang. Semuanya sengaja disediakan sebagai tempat istirahat untuk para pengunjung.

Rumah Lopo memang punya daya tarik tersendiri. Tak heran jika beberapa pasangan kerap memilih tempat ini sebagai lokasi foto pre-wedding. Kemudian ada juga sarana bermain yakni ATV yang bisa disewa untuk menyusuri tepi pantai. Di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menyediakan beragam menu, toilet dan kamar ganti yang bersih, sehingga kenyamanan akan terus terjaga pada saat bermain di kawasan pantai ini.

Mengejar Sunset

Di pantai Tablolong, untuk wisatawan yang menyukai atau pemburu suasana matahari terbenam (sunset) disinilah tempatnya. Wisatawan bakal dimanjakan pemandangan matahari terbenam yang begitu indah di sekitar pantai. Menjelang sang mentari menghilang di balik cakrawala, langit di sekeliling akan mendadak berubah jingga, dengan sedikit corak merah jambu.

Semuanya bisa kalian nikmati sembari duduk santai di dalam Rumah Lopo. Selain itu, pantai Tablolong lebih dikenal sebagai daerah memancing. Sebenarnya, Pantai Tablolong terletak di ujung Pulau Timor. Posisi Pantai Tablolong tepat di seberang Pulau Semau sehingga menjadi lebih menguntungkan bagi ikan di perairan dalam untuk berlindung di Semau jika hujan. Inilah yang membuat Pantai Tablolong kaya akan ikan yang menjadikannya sebagai tempat yang tepat untuk melakukan lomba memancing.

Di pantai ini terdapat sebuah spot dimana dapat melihat banyak sekali ikan dan bisa menjadi salah satu target dalam memancing. Terletak sekitar 10 mil dari garis pantai, terdapat sebuah spot yang merupakan jalur migrasi ikan yang cukup ramai dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa terdapat banyak sekali ikan di spot tersebut. Hal itu pula yang menguatkan mengapa tempat ini sering sekali dijadikan tempat untuk berkompetisi memancing. Jadi buat sahabat traveler yang ingin merasakan memancing yang seru, menjadikan Pantai Tablolong sebagi destinasi traveler bisa menjadi sebuah jawaban.

Kekayaan Biota Laut

Tak berhenti sampai di situ saja, ternyata Pantai Tablolong juga memiliki kekayaan biota lautnya. Bahkan, dari kekayaan tersebut telah menghasilkan sesuatu yang menuntungkan bagi para warga lokal. Hasil dari kekayaan biota latunya tersebut ialah rumput laut. Rumput laut termasuk salah satu sumber penghasilan yang terbesar di NTT. Selain pemandangan alam dan tempat memancing, juga banyak orang asing yang suka menyelam datang ke Pantai Tablolong hanya ingin menikmati terumbu karang yang berwarna-warni dan beragam jenis ikan berkelompok yang terlihat seperti berada di akuarium raksasa.

Kira-kira lima kilometer dari pantai, ada tiga terumbu karang yang menjadi target yaitu Beatrix, Dalam, dan Tabui. Panorama laut dan kapal penangkap ikan dapat dilihat dari jajaran pantai berpasir putih yang benar-benar memanjakan mata. Inilah salah satu dari sejumlah tujuan wisata bahari yang mulai diminati di daerah ini. Suasana pantai yang sejuk, dan orang-orang yang ramah disekitar cocok untuk Anda yang menginginkan perjalanan yang mencari ketenangan.

Di sekitar pantai, ada genangan air payau yang membentuk danau mungil. Warnanya kehijauan, cocok untuk dijadikan spot fotografi. Tempat satu ini tak terbengkalai begitu saja, karena rawa digunakan oleh masyarakat setempat sebagai kolam pembibitan ikan.

Kemudian, yang tidak kalah menarik adalah Tablolong dihiasi oleh adanya Pohon Centigi (Pempis Acidula). Pohon ini tumbuh liar di sekitaran batuan karang yang ternyata banyak diburu pengunjung karena keunikannya.

Transportasi

Pantai Tablolong berada sekitar 30 Km dari pusat Kota Kupang ke arah Tenau, waktu tempuh untuk menuju ke lokasi tersebut ialah 1-1,5 jam. Untuk menuju pantai ini wisatawan wajib membawa kendaraan sendiri, karena belum tersedianya kendaraan umum dengan rute Kupang-Tablolong. Biasanya, wisatawan yang datang ke sini menggunakan kendaraan sewa.

Untuk harga sewa mobil, biasanya dikenakan biaya sebesar Rp400 ribu per hari. Perjalanan akan dimulai dari Tenau. Dari arah Tenau sendiri tinggal lurus saja mengikuti jalan kemudian belok kiri dan ikuti penunjuk jalan yang terdapat tulisan ke arah Tablolong. Kurang lebih setelah menempuh perjalanan selama satu jam, wisatawan akan menemukan gerbang masuk ke dalam wilayah Pantai Tablolong. Namun posisi dari pantainya itu sendiri masih berjarak sekitar 500 meter. Dan dikenakan biaya masuk kurang lebih sebesar Rp 5.000.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN