Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para generasi milenial dalam sebuah acara start up. Foto ilustrasi: IST

Para generasi milenial dalam sebuah acara start up. Foto ilustrasi: IST

Pekerjaan Ini Bakal Jadi Pilihan Generasi Z

Indah Handayani, Minggu, 17 November 2019 | 23:38 WIB

JAKARTA, investor.id  - Generasi Z atau Gen Z merupakan generasi setelah Y, didefinisikan sebagai orang-orang yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1995-2010. Sebagian dari mereka pun sudah memasuki usia siap bekerja. Beberapa pekerjaan pun diperkirakan akan menjadi pilihan fovorit generasi ini. Apa sajakah itu?

CEO dan Co-Founder TopKarir Bayu Janitra Wirjoatmodjo menjelaskan jika dilihat dari kondisi global, kecenderungan pekerjaan di masa depan saat generasi Z akan bekerja akan lebih ke arah otomatisasi.

Dengan demikian, pekerjaan yang berhubungan dengan transaksional, contohnya administrasi diprediksi akan hilang. Mengingat semakin banyak teknologi dan aplikasi yang akan mengerjakan pekerjaan tersebut. Tak heran apabila pekerjaan tersebut diperkirakan tidak membutuhkan tenaga manusia lagi.

"Pekerjaan ini akan hilang. Saat ini saja sudah terlihat buktinya. Jurusan administrasi bisnis di tingkat SMK menjadi penyumbang banyak angka pengangguan di tingkat ini. Karena hanya sedikit perusahaan yang membutuhkan jenis pekerjaan ini," papar Bayu di sela media gathering di Jakarta, belum lama ini.

Namun, lanjut dia, pekerjaan yang berhubungan dengan human touch atau sentuhan manusia diperkirakan akan tetap sangat dicari. Pekerjaan jenis ini pun akan menjadi pilihan para gen Z.

Ia memaparkan pekerjaan yang melibatkan human touch adalah pekerjaan yang lebih pada pelayanan atau service. Pekerjaan jenis ini pun melibatkan interaksi antara dua belah pihak. Jenis pekerjana ini contohnya adalah barista, media, dan juga tenaga penjualan atau sales. "Hal ini karena pekerjaan human touch akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi para pelakunya," tambahnya.

Sedangkan pada generasi milenial, lanjut Bayu, berdasarkan data yang dikumpulkan TopKarir pekerjaan yang paling banyak diminati oleh mereka adalah bekerja di perusahaan start up. Bahkan banyak lukusan dari universitas ternama di Indonesia lebih memilih bekerja di perusahaan start up dibandingkan perusahaan BUMN. Hal itu dikarenakan bekerja di perusahaan start up menawarkan tantangan tersendiri yang memacu adrenalin para generasi muda dalam berkerja dan berkarya.

Ditambah lagi, Bayu menyebutkan tawaran gaji besar dan kebebasan dalam bekerja. Misalnya saja bisa bekerja dimana saja dan mengunakan pakaian yang casual atau santai. Uniknya lagi, para generasi milenial juga sudah mulai meninggalkan pekerjaan yang basic operasional, misalnya kasir dan administrasi. "Meski demikiaan, pekerjaan Pegawai Negeri Sipil  (PNS) masih tetap menjadi idola dari para generasi milenial," tutupnya.  

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA