Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pantai Kelegian Lunik. Foto: IST

Pantai Kelegian Lunik. Foto: IST

Pesona Pantai Kelegian Lunik Lampung

Imam Mudzakir, Minggu, 15 Desember 2019 | 21:52 WIB

MUSIM liburan sekolah sebentar lagi. Para keluarga biasanya sudah merancang untuk menyambangi destinasi wisata mana yang didatangi.

Nah, bila merasa bingung untuk berlibur pada Desember ini, Lampung bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata. Provinsi paling timur di pulau Sumatera ini banyak menyimpan pesona alam yang menakjubkan untuk dinikmati, mulai dari pesona pegunungan sampai dengan pantainya.

Hamparan pulau-pulau yang berada di Provinsi Lampung membuat kawasan ini memiliki wisata bahari yang cukup banyak. Salah satunya tempat wisata bahari yang berada di Kabupaten Pesawaran adalah Pantai Kelegian Lunik. Kelegian Lunik adalah pulau kecil yang tidak dihuni oleh penduduk, namun memiliki fasilitas wisata yang menarik bagi wisatawan.

Lokasi atau letak dari Pantai Kelegian Lunik ini masih berada di Kabupaten Pesawuran. Pantai Kelegian Lunik memiliki keindahan yang lebih dari apa yang kita bayangkan, pasirnya yang berwarna putih serta lembut sangat enak saat diinjak. Bukan hanya itu, keindahan lainnya juga ada di air lautnya yang sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang terlihat saat lalu lalang.

Selama di Pantai Kelegian Lunik Anda dapat mengitari pulau tersebut, dan melihat pemandangan indah di setiap sisinya. Secara geografis Pantai Kelegian Lunik berada di Pulau Kelegian Lunik, Kabupaten Pesawuran, Provinsi Lampung. Akses jalan menuju Pantai Kelegian Lunik sangat banyak, namun beberapa orang menggunakan akses penyebrangan di Pelabuhan Ketapang, Bandar Lampung. Perjalanan dari Bandar Lampung ke Pelabuhan Ketapang memakan waktu sekitar satu setengah jam sampai dengan dua jam perjalanan.

Setelah sampai di Pelabuhan Ketapang, Anda dapat menyewa beberapa perahu yang telah disediakan oleh warga setempat. Biasanya warga setempat menyewakan perahu mereka dengan kisaran harga mulai dari Rp 300.000.

Untuk satu perahu biasanya dapat diisi sekitar delapan sampai dengan sepuluh orang, tergantung dari ukuran perahu tersebut.

Setelah menyeberang dari Pelabuhan Ketapang, perjalan dari Pelabuhan Ketapang ke Pulau Kelegian Lunik ditempuh dengan waktu sekitar tiga puluh menit sampai dengan satu jam perjalanan, tergantung dari kondisi cuaca.

Setelah sampai di Pulau Kelegian Lunik, wisatawan dapat menyaksikan keindahan Pantai Kelegian Lunik serta suasana lainnya yang ada di pulau tersebut.

Sebenarnya di Pulau Kelegian Lunik tidak ada yang menyediakan loket tiket, karena biasanya setiap pengunjung yang datang ke Pulau Kelegian Lunik berada dalam paket wisata. Jadi tiket masuk ke Pulau Kelegian Lunik sudah include atau satu paket dengan sewa perahu dan kendaraan antar jemput.

Fasilitas Pantai

Pantai Kelegian Lunik. Foto: IST
Pantai Kelegian Lunik. Foto: IST

Pulau Kelegian Lunik memang tidak dihuni oleh penduduk, namun fasilitas penunjang disiapkan oleh pengelola sangat banyak, salah satu dari fasilitas tersebut adalah, Banana Boat yaitu fasilitas bermain yang diberikan oleh Pulau Kelegian Lunik cukup menarik, seperti adanya Banana Boat.

Kemudian juga bisa melakukan snorkeling, melihat terumbu karang dan menyaksikan sekelompok ikan-ikan di bawah laut tentu sesuatu yang sangat menyenangkan.

Di Pantai Kelegian Lunik terdapat pondok-pondok kecil atau saung yang di tepi pantai dan peruntukan untuk pengujung saat ingin beristirahat atau sekadar

menikmati keindahan Pantai Kelegian Lunik. Banyak warga yang membuka warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

Jadi Anda tidak perlu repot membawa makanan dari rumah ya. Fasilitas lainnya seperti kebersihan juga telah disediakan oleh pengelola, di Pulau Kelegian Lunik sudah tersedia toilet dan kamar bilas yang dapat Anda gunakan.

Tips Berwisata

Sangat sedikit atau bahkan jarang, ada kendaraan umum yang melintasi pelabuhan ketapang. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Kota Bandar Lampung untuk menuju pelabuhan ketapang.

Perjalan ke Pulau Kelegian Lunik menggunakan perahu cukup lama, dan gelombang ombak yang terkadang kencang dapat membuat anda mabuk laut, siapkan fisik serta obat anti mabuk laut, agar Anda tetap prima dalam perjalanan.

Pastikan juga menggunakan baju pelampung yang aman saat menaiki perahu menuju Pulau Kelegian Lunik. Nah, mungkin ini yang terpenting.

Di Pulau Kelegian Lunik belum ada arus listiknya, jadi siapkan battery handphone yang full atau membawa power bank agar Anda tidak melewatkan momen yang indah untuk diabadikan. Nah, buat kamu yang nanti akan berkujung atau berwisata ke Pulau Kelegian Lunik, semoga liburan kamu menyenangkan dan berkesan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA