Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST

Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST

Pesona Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Minggu, 29 November 2020 | 04:57 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

Letak Banyuwangi yang berbatasan dengan Pulau Bali, destinasi wisata kelas dunia, dinilai berdampak positif bagi perkembangan industri pariwisata kota di ujung Pulau Jawa itu. Salah satu destinasi wisata milik Banyuwangi adalah Pantai_Pulau Merah. Pantai_Pulau Merah terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Akses jalan menuju kawasan pantai_ini sudah beraspal dan bisa dilalui berbagai jenis kendaraan. Papan penunjuk arah pun sudah jelas sehingga tidak perlu takut tersesat.

Dahulu, kawasan ini bernama Pantai Wringinpitu. Nama itu berubah seiring keunikan yang terdapat di pantai ini. Ada sebuah bukit yang terletak dekat dengan bibir pantai.

Bukit ini memiliki tanah yang berwarna merah, dimana tanah tersebut tertutup oleh vegetasi hijau. Karena tanah di bukit itulah, pantai ini dijuluki Pantai Pulau Merah.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa melakukan beragam aktivitas di sekitar area pantai. Pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti wisata kuliner, berselancar atau sekadar bersantai di pinggir pantai.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, tentu saja bagi wisatawan yang berkunjung harus menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Selain menjaga jarak, para pengunjung juga harus memakai masker. Tentu, wisatawan harus kerap mencuci tangan.

Berselancar

Berselancar di Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST
Berselancar di Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST

Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, di Pantai Pulau Merah mereka bisa melakukan aktivitas berselancar. Tinggi ombak di pantai ini berkisar 3-5 meter sehingga sangat cocok bagi peselancar pemula, maupun juga profesional.

Di pantai ini tersedia tempat penyewaan papan selancar. Selain itu, pihak pengelola pantai juga menyediakan kelas selancar untuk pengunjung yang ingin belajar berselancar.

Berenang

Karena jarangnya batu karang yang ada di tepian pantai memungkinkan pengunjung bermain air laut yang jernih. Tak hanya bermain air, pengunjung juga bisa berenang. Tapi ingat, berenang hanya boleh dilakukan jika air laut sedang tenang dan ombak tidak terlalu tinggi.

Selain air lautnya, pasir di pantai ini halus dan lembut. Pengunjung bisa sekadar berjalan-jalan atau membangun istana pasir. Pengunjung yang tidak membawa tikar bisa menyewa baik di pengelola maupun di warung-warung yang ada di sekitar. Selain itu, pengunjung bisa menyewa kursi pantai ada untuk berjemur.

Naik Perahu

Bagi wisatawan yang menyukai adrenalin, bisa berperahu mengelilingi pantai. Pengunjung bisa menyewa perahu tradisional milik nelayan sekitar. Biasanya satu perahu bisa memuat berkisar 8-10 orang. Selain berkeliling pantai, pengunjung juga bisa memancing di atas perahu. Jika ingin memancing, pengunjung diharapkan membawa alat pancing sendiri. Pihak pengelola tidak menyediakan persewaan alat pancing.

Pengunjung harap memperhatikan cuaca dan ombak saat memutuskan akan menggunakan perahu. Jika cuaca buruk dan ombaknya terlalu tinggi maka lebih baik bermain pasir saja di tepi pantai.

Pura Tawang Alun

Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST
Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST

Selain bermain di pantai, wisatawan juga bisa berkunjung ke Pura Tawang Alun. Pura Tawang Alun ini terletak di area parkir pantai. Pura ini merupakan salah satu pura yang banyak diziarahi oleh umat Hindu di Indonesia.

Tempat ini bisa digunakan untuk upacara adat mekiyis di pura ini.

Berkemah

Banyak pilihan menginap di Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST
Banyak pilihan menginap di Banyuwangi. Foto: Investor Daily/IST

Pengunjung juga bisa berkemah di Pantai Pulau Merah, tentu harus seizin pengelola pantai. Wisatawan bisa membawa perlengkapan tenda sendiri. Tetapi jika tidak memiliki perlengkapan sendiri, bisa menyewa di pengelola pantai. Biasanya harus menunggu setelah pantai selesai dibersihkan baru boleh berkemah.

Untuk menyalakan api unggun juga diperbolehkan. Jika sore menjelang malam pengunjung akan menjumpai beberapa turis asing yang masih berselancar.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN