Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pilihan Baik, Hidup Sehat = Hidup Baik

Oleh Emral Firdiansyah, Senin, 10 Oktober 2016 | 16:40 WIB

JAKARTA- Principal Designer Hadiprana William Patty menyampaikan bahwa memiliki hunian yang nyaman merupakan dambaan setiap orang. Apalagi kalau hunian tersebut bisa disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan penghuni.


William menyampaikan hal itu dalam casual talkshow dan networking bertema Healthy Body and Mind yang digelar Synthesis Development bekerjasama dengan Hadiprana di Synthesis Residence Kemang, Jakarta, 4 Oktober 2016.


“Tingkat kenyamanan hunian bisa dipengaruhi oleh penataan interior dan perencanaan ruang yang baik. Karena, semua bagian di dalam hunian akan memberi pengaruh pada kesehatan, psikologis, dan emosi penghuninya,” tambah William.


Apa saja elemen di dalam hunian yang mempengaruhi sisi kesehatan manusia? Ternyata, bentuk bangunan dan ruangan sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, perencanaan ruang, material dalam tata interior hunian sangat penting.


Perencanaan ruang yang dimaksud adalah rasio perbandingan antara panjang, lebar, dan tinggi ruangan yang bisa mempengaruhi sisi psikologis para penghuni. Ruangan dalam rumah juga harus didukung desain konstruksi bangunan yang baik.


William juga menjelaskan, tak hanya itu saja, penataan letak furnitur, material, warna, lighting, dan tanaman yang berada dalam hunian akan membangkitkan perasaan atau emosi tertentu bagi penghuni. “Warna cokelat pada elemen kayu, warna abu-abu yang terinspirasi dari batu-batu alami, ataupun hijau dari warna pepohonan akan menciptakan nuansa hagat, nyaman, dan santai,” ujarnya.


Di samping itu, lanjut dia, pencahayaan alami dari sinar matahari dan ventilasi udara yang baik memiliki dampak pada kesehatan tubuh. Ruangan dengan sinar matahari yang minim begitu juga dengan ventilasi udara yang kurang maksimal akan berdampak pada penurunan produktivitas tubuh yang akan menimbulkan penyakit.


Semua aspek perencanaan ruang dan penataan interior tersebut juga penting jika tinggal di apartemen sekalipun. Hal-hal inilah yang seringkali terabaikan dalam pemilihan apartemen sebagai tempat tinggal yang tepat. Hunian sehat selain berpengaruh terhadap psikologis dan kesehatan penghuni, perencanaan dan pilihan hunian yang tepat mampu mendukung pengembangan fungsional dan estetis dalam hunian. (ral/gor)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA