Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Minum susu. Foto Ilustrasi: IST

Minum susu. Foto Ilustrasi: IST

SKM Tetap Aman Digunakan Asal Sesuai Kebutuhan Gizi dan Higienis

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 01:10 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Perubahan pola konsumsi masyarakat saat ini semakin marak terjadi, tidak terkecuali pangan olahan yang dibekukan sampai produk-produk olahan susu seperti susu kental manis. Banyak mitos dan pemahaman yang asumtif dan bahkan kadang menyesatkan seperti persepsi bahwa makanan beku tidak sehat, dan menurun kadar gizinya bahkan sampai misleading bahwa produk olahan susu tidak boleh diseduh air hangat.

Pakar gizi senior dari Rumah Sakit Medistra, dr Cindiawati J Pudjiadi memberikan pandangan terkait mitos diatas. Hasilnya, pangan olahan tetap aman dikonsumsi bila sesuai kebutuhan gizi dan proses produksinya higienis.

Dia menekankan, saat ini olahan siap santap menjadi pilihan dalam memenuhi asupan nutrisi harian. Misalnya, produk olahan dengan kemasan vakum memiliki daya tahan yang lebih baik, apalagi bila dibekukan setelahnya.

"Produk olahan pangan baik yang beku maupun kemasan vakum tetap aman dikonsumsi selama konsumen cermat memilih produsen yang memastikan proses produksi higienis dan aman. Lebih baik lagi, bila ada izin BPOM atau registrasi produk industri rumah tangga (P-IRT)," jelas dr Cindiawati, baru-baru ini.

Menjawab polemik produk olahan susu kental manis (SKM), alumni spesialis gizi klinik di Universitas Indonesia (UI) ini menjelaskan, sebagian besar produk susu dan olahannya dapat mengikuti saran penyajian baik itu dilarutkan dengan air hangat maupun dipakai sebagai pelengkap campuran makanan/minuman seperti teh atau kopi seperti pada klarifikasi BPOM yang dimuat beberapa hari lalu.

"Terkait atau boleh tidaknya diseduh, rasanya bukan masalah. Apalagi hampir semua produk susu memiliki saran penyajian dilarutkan dengan air hangat. Masyarakat perlu tahu berapa kebutuhan nutrisi yang diperlukan dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan," ucap dia.

 

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN