Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sociopreneur Talks: Be A Changemaker with Social Enterprise 2019 - Citi Indonesia (Citibank) bersama Prestasi Junior Indonesia kembali menguatkan program pemberdayaan sociopreneurship dalam upaya untuk menjadi wirausahawan andal yang juga berjiwa sosial pada kalangan muda  melalui sesi diskusi berkala Sociopreneur Talks yang kali ini mengangkat bahasan: Be A Changemaker with Social Enterprise Melibatkan puluhan pelajar SMA/SMK di Jakarta sebagai peserta, figur sociopreneur muda sukses turut dilibatkan sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Sociopreneur Talks: Be A Changemaker with Social Enterprise 2019 - Citi Indonesia (Citibank) bersama Prestasi Junior Indonesia kembali menguatkan program pemberdayaan sociopreneurship dalam upaya untuk menjadi wirausahawan andal yang juga berjiwa sosial pada kalangan muda melalui sesi diskusi berkala Sociopreneur Talks yang kali ini mengangkat bahasan: Be A Changemaker with Social Enterprise Melibatkan puluhan pelajar SMA/SMK di Jakarta sebagai peserta, figur sociopreneur muda sukses turut dilibatkan sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Sociopreneur Talks, Giatkan Semangat Kewirausahaan Sosial di Kalangan Muda

Indah Handayani, Jumat, 20 September 2019 | 23:32 WIB

JAKARTA, investor.idSocial entrepeneurship atau kewirausahaan sosial menjadi satu langkah mencapai kesuksesan dengan menghadirkan solusi untuk permasalahan sosial dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Secara global, semangat ini selaras mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Menguatkan program pemberdayaan sociopreneurship pada kalangan muda, Citi Indonesia (Citibank) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) kembali menggelar diskusi berkala ‘Sociopreneur Talks’ yang kali ini mengangkat bahasan: ‘Be A Changemaker with Social Enterprise’ serta melibatkan ratusan pelajar SMA/SMK di Jakarta, dan figur sociopreneur muda sukses sebagai narasumber. Sociopreneur Talks menjadi penutup rangkaian Youth Sociopreneur Initiative yang diinisiasi oleh Citibank dan PJI serta telah memasuki penyelenggaraan tahun kelima.

Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan Citibank memiliki kepedulian besar terhadap masa depan generasi muda Indonesia. Bersama PJI, lewat Youth Sociopreneur Initiative yang menargetkan pelajar SMA/SMK, pihaknya berupaya menanamkan gagasan kewirausahaan segar, yakni social entrepreneurship, yang membawa manfaat berkelanjutan. Diharapkan para pelajar dapat memahami tidak hanya mengenai profit untuk diri mereka sendiri, namun juga bagaimana sebuah bisnis dapat memberi dampak positif bagi masyarakat luas. Di Citibank, pihaknya percaya kewirausahaan sosial inilah yang mampu membuat perubahan.

"Karenanya, sangat krusial untuk segera menularkan inspirasi sociopreneurship di kalangan muda Indonesia guna mewujudkan sosok-sosok pebisnis sosial baru yang andal dan dapat menjadi changemaker leader,” papar Batara di Jakarta, belum lama ini.

Sociopreneur Talks: Be A Changemaker with Social Enterprise 2019 - Citi Indonesia (Citibank) bersama Prestasi Junior Indonesia kembali menguatkan program pemberdayaan sociopreneurship dalam upaya untuk menjadi wirausahawan andal yang juga berjiwa sosial pada kalangan muda  melalui sesi diskusi berkala Sociopreneur Talks yang kali ini mengangkat bahasan: Be A Changemaker with Social Enterprise Melibatkan puluhan pelajar SMA/SMK di Jakarta sebagai peserta, figur sociopreneur muda sukses turut dilibatkan sebagai narasumber pada kegiatan ini.
Sociopreneur Talks: Be A Changemaker with Social Enterprise 2019 - Citi Indonesia (Citibank) bersama Prestasi Junior Indonesia kembali menguatkan program pemberdayaan sociopreneurship dalam upaya untuk menjadi wirausahawan andal yang juga berjiwa sosial pada kalangan muda melalui sesi diskusi berkala Sociopreneur Talks yang kali ini mengangkat bahasan: Be A Changemaker with Social Enterprise Melibatkan puluhan pelajar SMA/SMK di Jakarta sebagai peserta, figur sociopreneur muda sukses turut dilibatkan sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Dalam Sociopreneur Talks sebagai agenda pamungkas Youth Sociopreneur Initiative tahun ini, Citibank memberi sorotan khusus keterkaitan pemimpin dengan social enterprise, juga strategi, arahan dan tips untuk mencapainya. Digelar perdana pada 2014, Youth Sociopreneur Initiative telah sukses mengedukasi 46.912 pelajar dari 138 SMA dan SMK di enam kota di Indonesia antara lain Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya dan Denpasar. Sementara, khusus di 2019 saja, Citibank dan PJI berhasil menjalankan pendampingan kewirausahaan sosial kepada 9.115 pelajar dari 26 sekolah di 5 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar. 

Co-Founder & Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner menjelaskan potensi kewirausahaan sosial perlu dipupuk semenjak remaja. Sebagai generasi yang mendominasi komposisi penduduk Indonesia – dan kelak menjadi penerus bangsa, bagi mereka, kesempatan dan kepercayaan menjadi keniscayaan. Itulah yang terus memacu Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Citibank untuk secara berkesinambungan menumbuhkan kapasitas kewirausahaan sosial kalangan muda Tanah Air.

"Melahirkan para sociopreneur yang mumpuni serta jeli menangkap peluang, juga memaksimalkan produktivitas guna meningkatkan kebermanfaatan mereka bagi lingkungan sekitar,” tambahnya.

Indonesia sebenarnya dianggap kondusif dalam membangun antusiasme berwirausaha. Global Entrepreneurship Index (GEI) 2018 memperlihatkan skor salah satu indikator kewirausahaan, yakni Product Innovation, yang mencapai 58%. Artinya, masyarakat Indonesia tergolong cukup berkemampuan dalam mengembangkan produk baru. Namun, temuan yang sama juga mendapati skor Startup Skills baru sebesar 29%, dan Human Capital hanya mencapai 16% - mengindikasikan masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia Indonesia dalam memulai bisnis.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menambahkan hal itulah yang semakin mendorong optimisme Citibank untuk semakin gencar merangkul kalangan muda negeri ini dalam mewujudkan masa depan mereka, terutama sebagai sociopreneurs. Pihaknya meyakini kreativitas mereka tak kalah dibandingkan negara-negara lain. Terlebih ranah yang mereka jangkau semakin luas dan beragam, tak terkecuali industri kreatif yang semakin unik dan bernilai ekonomi tinggi.

"Terbukti, Indonesia menjadi rumah beberapa perusahaan kreatif rintisan terkemuka berbasis kewirausahaan sosial bertaraf global. Hal-hal seperti inilah yang ingin kami wadahi serta kembangkan,” tutup Elvera.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA