Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Tempat Makan Mie Kocok Populer dan Legendaris di Bandung

Rabu, 24 Februari 2021 | 07:43 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Sebagai salah satu surga wisata kuliner di Indonesia, Bandung memiliki banyak sekali pilihan menu makanan khas yang mengundang selera. Salah satunya adalah mie kocok. Seporsi mie kocok umumnya terdiri dari mie kuning yang diberi toge dan kikil lalu disiram kuah kaldu sapi dan ditambah irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng serta jeruk nipis.

Uniknya, makanan khas Bandung ini memiliki cara penyajian yang berbeda-beda di setiap tempat. Hal ini yang membuat mie kocok jadi salah satu kuliner populer di Bandung. Nah bagi Anda yang berencana mengunjungi Bandung dalam waktu dekat, berikut ada 5 tempat makan mie kocok populer di Bandung yang bisa Anda datangi untuk mencicipi semangkok (atau lebih) mie kocok khas Bandung.

1. Mie Kocok Persib

Salah satu mie kocok legendaris di Bandung ini berada di depan pintu gerbang masuk area parkir Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani No.262 Bandung. Tempat makan mie kocok yang sudah berdiri sejak tahun 1963.

Awalnya mie kocok ini beralamat di Jalan Riau. Namun pada tahun 1995 tempat makan mie kocok ini pindah ke dekat Stadion Persib.

Semangkuk mie kocok di tempat ini berisi mie gepeng, kikil, tauge dan potongan tulang iga yang dagingnya masih menempel di tulangnya. Lalu disiram kuah dengan taburan seledri dan bawang goreng di atasnya. Tak ketinggalan ada jeruk nipis di sampingnya.

Kuah mie kocok Persib ini terasa istimewa. Pasalnya kuahnya terbuat dari daging serta tulang yang berisi sumsum lalu ditambah daun bawang. Semua bahan untuk membuat mie kocok di tempat ini diolah sendiri, termasuk mie gepeng, kikil dan juga iga untuk menjaga kualitas rasa. Semangkok mie kocok Persib ini dijual seharga Rp23.000 saja.

2. Mie Kocok Cepay

Mie kocok yang satu ini juga termasuk tempat makan mie kocok populer dan legendaris di Bandung. Mie Kocok Cepay sudah berdiri sejak tahun 1979 ini. Tak heran jika banyak warga Bandung dan juga wisatawan yang makan di tempat ini.

Keunikan dari mie kocok Cepay adalah penggunaan bara api untuk menghangatkan mienya agar kaldu dan juga aromanya lebih khas dan terjaga. Selain itu penyajian mie kocok di tempat ini juga unik.

Mie dan taugenya disimpan dalam bak mie yang dialasi daun yang kemudian dimasukkan ke dalam kocokan. Setelah itu dimasukkan ke buleng dan disajikan dalam mangkok dengan kikil dan kaki sapi.

Semangkok mie kocok disini dijual mulai dari Rp20.000 per porsi. Tempat makan mie kocok ini bisa ditemukan di GOR Pajajaran, Jl. Pajajaran, Pasir Kaliki, Bandung.

3. Mie Kocok SKM

Mie kocok yang satu ini sedikit berbeda dari mie kocok yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika sebelumnya menggunakan kuah kaldu yang terlihat sedikit bening, namun di tempat ini Anda bisa menemukan mie kocok dengan kuah agak kekuningan. Hal ini ternyata berasal dari penggunaan rempah-rempah untuk membuat kuahnya.

Rasa kuah mie kocok di sini juga seperti soto, jadi tak heran banyak orang yang juga mengenal tempat ini sebagai tempat makan soto mie kocok.

Kuah mie kocok SKM terbuat dari tulang dan tapal kaki sapi yang banyak memiliki sumsum. Lalu ditambah rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, bawang putih dan tenggiri. Kuah ini juga ditambah dengan ebi dan daun bawang yang menghasilkan cita rasa kuah yang gurih dan lezat.

Yang menariknya, disini porsi kikil yang disajikan dalam setiap mangkuk lumayan banyak dan kikilnya juga lembut dan kenyal saat dimakan. Oh ya, Mie Kocok SKM sudah ada sejak tahun 1970-an dan berada di Jalan Sunda No.38, Kebon Pisang, Bandung.

Sudah tidak sabar mencicipi semangkuk mie kocok hangat di Bandung? Segera rencanakan waktu berkunjung ke Bandung dan beli tiket travel ke Bandung sekarang juga. Anda bisa pilih naik Xtrans Bandung untuk traveling aman dan nyaman di masa pandemi ini. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun Anda berada ya!

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN