Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT. Reeracoen Indonesia, Kenichi Fujiki menunjukkan layanan pengambilan gaji lebh awal

PT. Reeracoen Indonesia, Kenichi Fujiki menunjukkan layanan pengambilan gaji lebh awal

Tiga Faktor Karyawan Betah di Tempat Kerja

Minggu, 4 Agustus 2019 | 00:59 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id--Peningkatan keterikatan (engagement) karyawan terhadap perusahaan telah menjadi hal umum di perusahaan dunia, khususnya di Eropa dan Amerika beberapa tahun terakhir ini. Apa yang membuat keterikatan karyawan meningkat?

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 5.000 orang kandidat headhunter Reeracoen, terungkap tiga faktor yang membuat karyawan ingin pindah bekerja. Pertama, faktor tunjangan kesehatan. Kedua, kompensasi dan benefit. Ketiga, ada tidaknya layanan terkait yang disediakan perusahaan.

“Ketiga faktor ini yang membuat karyawan betah atau tidak di tempat kerjanya,” kata direktur perusahaan recruitment agency, PT. Reeracoen Indonesia, Kenichi Fujiki di Jakarta.

Gaji tinggi, lanjut Kenichi, memang bisa membuat seseorang betah di perusahaan tempatnya bekerja. Namun tak semata hal gaji, adanya tunjangan kesehatan serta layanan yang menguntungkan juga membuat karyawan tak ingin pindah dari tempat bekerjanya. “Misalnya layanan koperasi dan kemudahan untuk meminjam uang atau mengambil gaji lebih dulu, itu akan membuat karyawan betah bekerja di sebuah perusahaan,” ujar Kenichi.

Kenichi bercerita, di Jepang, ketika perusahaan memberikan layanan lebih kepada karyawan, hal ini membuat tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan meningkat 23%, dari 67% menjadi 83%.

Salah satu layanan yang diberikan untuk karyawan, kata Kenichi adalah layanan pengambilan gaji di awal berdasarkan hari kerja yang dilaluinya dan skala gaji karyawan yang sudah diatur terlebih dahulu oleh perusahaan.

“Karyawan mungkin saja sedang membutuhkan uang karena suatu hal sehingga ingin mengambil gajinya di awal. Nah, selain meningkatkan kepuasan karyawan, layanan ini membuat produktivitas karyawan juga meningkat karena menjadi lebih fokus bekerja tanpa harus pusing mencari pinjaman di tempat lain,” ungkap Kenichi.

Di Indonesia, konsep yang sama juga sudah setahun belakangan ini diterapkan oleh 150 perusahaan, baik perusahaan Jepang di Indonesia maupun perusahaan lokal. “Melalui layanan bernama Ultratech, Reeracoen menawarkan layanan kompensasi dan benefit yang memungkinkan karyawan untuk mengambil gajinya lebih awal,” kata Kenichi yang sudah menerapkan layanan ini pada 500 an perusahaan di Jepang.

Perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Ultratech, terang Kenichi, akan mendapat dana talangan gaji karyawan yang diambil di awal. “Biasanya besar gaji yang boleh diambil di awal tidak lebih dari 50% gaji pokok,” kata Kenichi yang menargetkan sampai akhir 2019 bisa bekerja sama dengan 250 perusahaan. Saat ini, dari 150 perusahaan yang bekerja sama, sebanyak 60% adalah perusahaan Jepang di Indonesia, sisanya 40% adalah perusahaan lokal.

Untuk menikmati fasilitas tersebut, karyawan cukup mengakses aplikasi Ultratech dan mengisi permohonannya. Dalam aplikasi tersebut, karyawan juga dapat melihat riwayat pengajuan dan

membatal pengajuan yang terlanjur sudah diajukan. Perusahaan dapat memantau secara real time keadaan penggunaan layanan ini melalui dashboard yang disediakan. Sehingga pihak perusahaan juga dapat dengan mudah dan aman menggunakan layanan ini.

“Dengan menerapkan layanan ini maka perusahaan akan mendapatkan manfaat yaitu peningkatan engagement di dalam perusahaan, misalnya peningkatan kualitas rekrutmen dan mempertahankan karyawan berkualitas, produktivitas meningkat, sinergi dengan koperasi, dan penguatan compliance terkait peminjaman uang,” tandas Kenichi.

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com