Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran menu kekinian lebih sehat hasil kolaborasi Pish & Posh Caf

Peluncuran menu kekinian lebih sehat hasil kolaborasi Pish & Posh Caf

Tips Memilih Menu Kekinian Lebih Sehat

Indah Handayani, Rabu, 13 November 2019 | 23:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Saat ini tren menu makanan dan minuman kekinian semakin meningkat. Seiring dengan banyaknya menu makanan maupun minuman yang dihasilkan oleh para food creator dan tentunya sangat menggoda. Sayangnya, banyak dari menu tersebut yang malah mengandung garam, gula, dan lemak yang berlebih. Lalu bagaimanakah tips memilih menu kekinian namun tetap lebih sehat?

Astri Kurniati, Head of Nutrifood Research Center mengatakan hadirnya tren makanan minuman kekinian tentunya tidak bisa dihindari, apalagi untuk makan di luar rumah. Para food creator pun makin kreatif menyajikan makanan minuman dengan rasa dan tampilan yang menarik dan menggoda. “Namun, seringkali menu-menu yang nikmat tersebut memiliki kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi dan jika dikonsumsi dalam waktu panjang, akan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes,” ungkapnya di sela peluncuran menu kekinian lebih sehat hasil kolaborasi Pish & Posh Café by Bakerzin dengan Tropicana Slim di Jakarta, Rabu (13/11).

Astri menambahkan, data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa obesitas pada orang dewasa makin naik tiap tahunnya, yaitu 10,5% (2007), 14,8% (2013) dan 21,8% (2018). Sementara itu, prevalensi penyandang diabetes telah naik menjadi 8,5% (Riskesdas 2018) dari 6,9% (Riskesdas 2013).

Peluncuran menu kekinian lebih sehat hasil kolaborasi Pish & Posh Caf
Peluncuran menu kekinian lebih sehat hasil kolaborasi Pish & Posh Caf

Menurut data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017, sebanyak 10,3 juta jiwa masyarakat Indonesia merupakan diabetesi, membuat Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi terbesar.

Untuk itu, lanjut Astri, ada beberapa tips guna mensiasati menu kekinian namun tetap lebih sehat. Tips pertama adalah mengenali diri sendiri, yaitu tentang kelemahannya akan makanan manis ataukah gurih. Misalnya saja, jika seseorang lebih senang dengan minuman manis dan kelemahannya mudah tergoda mensiasatinya adalah hanya boleh sesekali saja atau lagi benar-benar ingin minum.

“Tapi jangan banyak-banyak atau pilihan ukuran yang kecil saja. Dikurangi kandungan gula atau ganti dengan yang rendah gula,” jelasnya.

Sedangkan tips kedua, Astri menyebutkan apabila ingin mengkonsumsi makanan kekinian, lebih baik dilihat terlebih dahulu komposisi gizinya dan cara memasaknya. Contohnya, pilihlah karbohidrat yang tinggi serat atau sumber karbohidrat baik. Protein yang dipilih pun rendah lemak ditambah lagi dengan cara memasak lebih baik dihindari yang goreng-gorengan atau lebih baik dipanggang. “Jangan lupa pula melengkapinya dengan sayur dan buah,” tegasnya.

Sementara itu, General Manager Marketing & PR Boga Group Ellen Widodo menambahkan kebiasaan makan di luar di Indonesia semakin bertambah besar khususnya di kota besar. Tidak hanya itu, perilaku dari konsumen pun semakin mengarah makanan sehat, terbukti dengan banyak dari mereka yang memilih makanan ataupun minuman yang lebih sehat. Bahkan hal itu terlihat pada data penjualan restoranya yang menunjukan makanan seperti salad dan jus selalu meningkat setiap tahunnya. “Permintaanya pun sangat tinggi beberapa tahun belakangan, terutama pada konsumen yang berusia 25-45 tahun.” kata dia.

Melihat tingginya permintaan akan menu sehat, Ellen mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Tropicana Slim menghadirkan pilihan menu eating out yang lebih sehat dan enak, yaitu menu Healthy Salad Bar. Pada menu tersebut, pelanggan bisa bisa memadupadankan sendiri kreasi menu sehat dari opsi menu karbohidrat, protein, supplemen, dressing atau topping yang tersedia sesuai selera dan kebutuhan asupan kalori masing-masing, yang tidak hanya sehat tapi juga enak. “Ada pula varian Smoothie Bowl dan Shaken Tea yang semuanya sehat dan rendah kalori,” tutup dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA