Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Acara peluncuran Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4).

Acara peluncuran Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4).

Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

Kamis, 8 April 2021 | 05:07 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Di masa pandemi ini, istri sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga harus pintar-pintar mengelola keuangan. Terlebih, kondisi saat ini masih belum menentu. Namun, tidaklah mudah dalam mengelola keuangan di tengah pandemi ini. Untuk itu, ada beberapa tips dalam mengelola uang rumah tangga.

Perencana Keuangan Independen Prita Ghozie mengatakan pada masa dimana semua menghadapi tantangan hampir di semua lini kehidupan, penting bagi seorang ibu melakukan perencanaan keuangan dengan matang.

Perencanaan yang seksama akan membantu kesejahteraan keluarga lebih kondusif. Tanpa perencanaan akan membuat pengeluaran dengan pemasukan tidak seimbang sehingga berpotensi berhutang.

Selain itu, tanpa perencanaan biasanya malah akan terjadi pembelian yang tidak bermanfaat dan tidak bisa membuat prioritas.

“Terakhir dan paling sering adalah tidak paham cara menabung sehingga masa depan berpotensi tidak mapan,” ungkapnya di sela peluncuran Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4).

Acara peluncuran Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4).
Acara peluncuran Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4).

Untuk itu, lanjut dia, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, lakukan evaluasi sumber pemasukan. Misalnya dengan melihat apakah ada sumber lain yang bisa didapatkan dari gaji, mulai dari hasil investasi atau usaha. Kedua, mengatur prioritas pengeluaran. Terakhir, membuat anggaran mencapai tujuan keuangan. Biasanya ada tujuh pos pengeluaran yang harus dipersiapkan seperti zakat, dana darurat, premi asuransi, biaya hidup bulanan, cicilan, tabungan dan investasi, serta gaya hidup dan hiburan.

“Biasanya, porsi biaya hidup bulanan akan menghabiskan separuh dari gaji yang diterima,” jelasnya.

Namun, Prita menambahkan berdasarkan riset IPB, sebanyak 76% responden menyatakan alokasi pengeluaran keluarga meningkat salah satunya pada perlengkapan kesehatan dan sanitasi atau kebersihan. Hal ini menunjukkan sikap konsumen yang mengutamakan manfaat dalam memprioritaskan pengeluaran, khususnya yang menyangkut aspek kebersihan dan kesehatan.

“Agar keuangan keluarga tetap sehat dan stabil, selain mengutamakan manfaat kebersihan dan kesehatan dalam pengeluaran juga disarankan memilih produk dengan efisiensi biaya (cost-efficient) sebagai inisiatif yang perlu dilakukan setiap rumah tangga,” ujarnya.

Acara peluncuran Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4).
Acara peluncuran Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4).

Vice President Marketing PT Kao Indonesia Susilowati mengatakan pihaknya memahami masyarakat Indonesia sedang berada dalam masa penuh tantangan yang menuntut prioritas akan kesehatan, kebersihan pribadi dan keluarga, sekaligus memiliki tantangan finansial tersendiri. Sebuah kondisi yang menghadirkan ujian bagi banyak Ibu di Indonesia dalam menjalankan peranannya.

Dengan visi untuk menjadi brand yang paling memahami dan terdekat di hati konsumen, Kao bergerak cepat dengan hadirkan solusi positif untuk membantu Ibu lebih hebat menjaga keluarga sehari-hari dengan meluncurkan Detergen Gel Pertama di Indonesia, yaitu Attack Jaz1 Detergel.

“Produk pembersih pakaian inovatif dari Kao yang menawarkan solusi lengkap, lebih bersih membersihkan noda dan higienis menghilangkan kotoran pakaian sehingga lebih aman menjaga kesehatan pengguna, juga lebih hemat dalam pemakaian hingga berikan nilai ekonomi lebih bagi Ibu Indonesia,” tutup Susilowati.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN