Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kalbe melalui salah satu anak perusahaan PT Bifarma Adiluhung yang memiliki produk pemeriksaan genetik Nutrigen-me meluncurkan empat panel baru yaitu hormon, metilasi, inflammasi dan antioksidan, serta tidur dan gaya hidup di Jakarta, Jumat (23/8).

Kalbe melalui salah satu anak perusahaan PT Bifarma Adiluhung yang memiliki produk pemeriksaan genetik Nutrigen-me meluncurkan empat panel baru yaitu hormon, metilasi, inflammasi dan antioksidan, serta tidur dan gaya hidup di Jakarta, Jumat (23/8).

Tren Pemeriksaan Genetik Makin Meningkat

Indah Handayani, Jumat, 23 Agustus 2019 | 20:59 WIB

JAKARTA, investor.id - Dalam dua tahun terakhir, tren minat pemeriksaan genetik semakin meningkat. Hal itu mengingat banyak manfaat yang didapatkan dari hasil pemeriksaan. Salah satunya adalah dapat mengetahui metabolik tubuh, faktor risiko kesehatan, hingga menentukan pola diet dan olahraga. Pada tahun ini minat masyaralat melakukan pemeriksaan genetik diperkirakan meningkat sebesar 100% dibandingkan 2018.

Jolito P Siahaan, Head of Genomic Business PT Bifarma Adiluhung, anak usaha Kalbe Farma, mengatakan sejak hadir pada 2017, pihaknya mencatat peningkatan luar biasa setiap tahunnya. Pada 2017, tercatat lebih dari 1.000 sampel pemeriksaan genetik. Bahkan, tahun ini mencapai rekor baru. Sebab, pencapaian selama satu tahun pada 2018 telah tembus pada Juli lalu. Oleh karena itu, pada tahun ini diperkirakan masyarakat yang melakukan pemeriksaan akan naik 100%.

Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat untuk lebih mengenal diri kondisi kesehatan tubuh sudah sangat tinggi. "Sebab, dengan mengenal atau mengetahui tubuh kita sendiri akan membuat sesuatu hal yang diakukan dam menjaga kesehatan menjadi lebih efektif," ungkapnya di Jakarta, Jumat (23/8).

dr Bibiana Bailo, Ahli Nutrigenomik dari Universitas Toronto Kanada, menjelaskan secara global pemeriksaan nutrigenomik ini sudah menjadi trend terutama bagi orang yang memperhatikan kesehatan. Kesehatan bukan dalam konteks penyakit tapi lebih kepada pencegahan penyakit kardiometabolik.

"Terutama penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, gagal ginjal dan obesitas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun,” tambah dr Bailo.

Sementara itu, dr. Win Johanes MS, SpGK, Ketua Organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia Cabang Jakarta, mengatakan, pemeriksaan genetik nutrigenomik perlu dilakukan untuk mengetahui nutrisi yang tepat dalam memberikan rekomendasi kepada pasien untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Lebih lanjut dr Win mengatakan Nutrigenomik merupakan satu terobosan ilmu genetika yang bisa mendukung para dokter gizi untuk memberikan konsultasi yang tepat, meal plan yang sesuai genetik. "Serta memandu aktivitas fisik pasien agar mendapatkan kondisi tubuh yang ideal dan sehat,” lanjut dr Win.

Melihat tingginya minat masyarakat tersebut, Julito menjelaskan Kalbe melalui salah satu anak perusahaan PT Bifarma Adiluhung yang memiliki produk pemeriksaan genetik Nutrigen-me  meluncurkan empat panel baru yaitu hormon, metilasi, inflammasi dan antioksidan, serta tidur dan gaya hidup. Nutrigen-me merupakan salah satu produk pemeriksaan genetik yang mengaitkan kebutuhan nutrisi dan olahraga yang tepat sehingga menunjang pola hidup yang lebih sehat.

Lebih lanjut Julito menjelaskan pemeriksaan Nutrigen-me ini mengecek 45 gen dan saat ini bertambah menjadi 

lebih dari 75 gen dengan total 11 panel. Panel yang menarik untuk dibahas adalah panel weight management dan juga panel hormonal, dengan mengetahui panel-panel tersebut,

Seseoranh akan mengetahui pola diet yang sesuai dengan profil genetik individu. "Keunggulan Nutrigen-me dibandingkan pemeriksaan genetik lainnya adalah dari segi pemilihan gen yang secara penelitian memberikan impact lebih kuat terhadap kesehatan tubuh," tutupnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN