Menu
Sign in
@ Contact
Search
Belanda memastikan diri sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022. Setelah menundukkan Qatar 2-0 dalam partai penyisihan terakhir
Sumber: Antara

Belanda memastikan diri sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022. Setelah menundukkan Qatar 2-0 dalam partai penyisihan terakhir Sumber: Antara

Tundukan Qatar 2-0, Belanda Juara Grup A Piala Dunia 2022

Rabu, 30 Nov 2022 | 03:00 WIB
Jaja Suteja (redaksi@investor.id)

AL KHOR, investor.id – Belanda memastikan diri sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022. Setelah menundukkan Qatar 2-0 dalam partai penyisihan terakhir di Stadion Al Bayt, Al Khor, Selasa (29/11/2022). Gol-gol Belanda dicetak Cody Gakpo pada menit ke-27 dan Frenkie De Jong (49).

Belanda menjadi juara Grup A dengan koleksi 7 poin. Posisi runner-up Grup A ditempati Senegal yang dalam pertandingan serentak menundukkan Ekuador dengan skor 2-1. Senegal bertengger di posisi kedua grup dengan raihan enam poin.

Sebagai juara Grup A, Belanda akan menghadapi runner-up Grup B pada babak 16 besar. Sementara runner-up Grup A, Senegal akan bertemu juara Grup B. Grup B berisi Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales. 

Sebelum bertemu Belanda, Qatar sudah dipastikan tersisih setelah kalah lawan Kosta Rika dan Senegal. Namun tuan rumah ingin menghindari rasa malu lebih besar jika kembali kalah dalam partai ini. Namun ambisi mereka gagal terwujud. Qatar kalah dalam seluruh pertandingan di babak penyisihan grup.

Advertisement

Baca juga: Piala Dunia 2022: Meski Gagal ke 16 Besar, Qatar Bisa Menyulitkan Belanda

Pelatih Belanda, Louis van Gaal, menurunkan formasi 3-4-1-2 dengan mengandalkan Cody Gakpo dan Memphis Depay di barisan depan. Sementara Qatar mengusung formasi 5-3-2 dengan menduetkan Almoez Ali dan Akram Afif di lini serang.

Kedua tim menciptakan tendangan ke arah gawang pada menit-menit awal pertandingan ini. Hassan Al Haidos melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tepat ke mulut gawang. Namun tendangan pemain nomor punggung 10 itu dapat ditangkap dengan baik oleh kiper Andries Noppert.

Berikutnya giliran Belanda yang melakukan hal serupa. Daley Blind melepaskan tendangan tepat ke arah gawang. Namun upayanya berhasil diredam kiper Meshaal Barsham.

Baca juga: Belanda vs Ekuador, Laga Sengit Menuju Puncak Klasemen

Pada menit ke-14, Memphis Depay berpeluang mencetak gol. Dia mendapat umpan di depan gawang namun tendangannya melenceng dari gawang.

Belanda akhirnya memimpin berkat gol yang dilesakkan Cody Gakpo pada menit ke-27. Gol berawal dari aksi membawa bola Memphis Depay. Bola kemudian dialirkan kepada Davy Klaassen. Dia kemudian memberikan bola kepada Cody Gakpo yang sukses memperdaya kiper Qatar dengan tendangan kaki kanan.

Tak berapa lama, giliran Qatar yang menekan Belanda. Lewat serangan balik, Ismael Mohammad melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun dapat ditangkat dengan baik oleh Andries Noppert.

Meski menjadi underdog, Qatar beberapa kali merepotkan lini pertahanan Belanda. Tim asukan Felix Sanchez ini kerap membahayakan gawang Belanda melalui serangan balik.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Senegal Lawan Belanda Tanpa Mane Vs Van Dijk

Belanda kembali mendapat peluang pada menit ke-41. Cody Gakpo mendapat umpan tepat di depan gawang namun tendangannya melambung. Dia juga telah terperangkap offside.

Hingga wasit Bakary Papa Gassama dari Gambia menuip peluit panjang tanda babak pertama usai, Belanda tetap unggul 1-0.

Belanda langsung menggebrak pada babak kedua melalui gol Frenkie De Jong menit ke-49. Gol berawal aksi Denzel Dumfries dari sayap kanan yang memberikan bola ke belakang yang disambut Davy Klaassen.

Dia kemudian mengirimkan bola ke tiang jauh. Bola disambut tendangan Memphis Depay namun berhasil diblok kiper Qatar. Bola muntah ini kemudian langsung diserobot Frenkie De Jong yang lebih cepat menendang bola dibanding bek Qatar. Tendangan gelandang Barcelona ini membawa Belanda unggul 2-0.

Belanda sebenarnya kembali menjebol gawang Qatar pada menit ke-68 melalui aksi Steven Berghuis setelah memanfaatkan umpan Vincent Janssen. Namun gol ini dianulir setelah wasit melihat VAR. Gol ini tidak sah karena Cody Gakpo melakukan handsball sebelum memberikan bola kepada Vincent Janssen.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Enner Valencia dan Modal Ekuador Kontra Belanda-Senegal

Qatar kembali memiliki peluang menit ke-80. Mohammed Muntari berhasil merangsek pertahanan dari sisi kiri dan melepaskan tendangan ke gawang. Namun aksinya gagal membuahkan gol lantaran bola tendangannya diblok dengan kaki oleh Andries Noppert.

Saat injury time, Belanda kembali nyaris mencetak gol. Namun tendangan Steven Berghuis dari sisi kanan mengenai mistar gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga pertandingan usai. Belanda akan memainkan partai 16 besar pada 3 Desember di Stadion Internasional Khalifa.

Susunan pemain: 

Netherlands (3-4-1-2): 23 Andries Noppert; 2 Jurrien Maduro, 4 Virgil van Dijk, 5 Nathan Aké; 22 Denzel Dumfries, 15 Marten de Roon (20 Teun Koopmeiners 83), 21 Frenkie de Jong, 17 Daley Blind; 14 Davy Klaassen (11 Steven Berghuis 66); 8 Cody Gakpo (19 Wout Weghorst 83), 10 Memphis Depay (18 Vincent Janssen 66).

Qatar (5-3-2): 22 Meshaal Barsham; 17 Ismail Mohammad (13 Musab Kheder 85), 2 Pedro Miguel, 16 Boualem Khoukhi, 3 Abdelkarim Hassan, 14 Homam Ahmed; 10 Hassan Al Haydos (8 Ali Asad 64), 23 Assim Madibo (12 Karim Boudiaf 64), 6 Abdulaziz Hatim (7 Ahmed Alaaeldin 85); 19 Almoez Ali (9 Mohammed Muntari 64), 11 Akram Afif.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com