Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto ilustrasi: Vaksin virus corona/IST

Foto ilustrasi: Vaksin virus corona/IST

Vaksin Covid-19 Mulai Diproduksi Akhir Musim Panas

Selasa, 14 Juli 2020 | 06:32 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

 Investor.id - Vaksin virus corona (Covid-19) yang potensial direncanakan akan diproduksi pada akhir musim panas, seorang pejabat kesehatan dan pembuat obat AS mengatakan Senin (Selasa WIB).

AS bertujuan untuk memberikan 300 juta dosis vaksin untuk Covid-19 pada awal 2021. Proses pembuatannya sudah berjalan meskipun mereka tidak yakin vaksin mana, jika ada, yang akan berfungsi.

Kepada wartawan, pejabat tersebut mengatakan bahwa AS sudah membeli peralatan, mengamankan lokasi pabrik dan, dalam beberapa kasus, memperoleh bahan baku.

“Tepatnya kapan bahan vaksin akan diproduksi? Mungkin empat hingga enam minggu lagi, "kata pejabat itu, yang dipandu oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. "Tapi vaksin akan secara aktif diproduksi pada akhir musim panas."

Pejabat kesehatan dan peneliti AS telah mempercepat pengembangan kandidat vaksin dengan berinvestasi dalam berbagai tahap penelitian, walaupun hal itu bisa sia-sia jika vaksin tersebut pada akhirnya tidak efektif atau aman.

Pemerintahan Trump telah memilih empat vaksin potensial sebagai kandidat yang paling mungkin, tetapi pejabat senior mengatakan Senin bahwa daftar itu dapat berkembang.

Dalam daftar itu terdapat vaksin dari perusahaan biotek Moderna dan Johnson & Johnson. Kedua perusahaan diharapkan untuk memulai uji coba vaksin tahap akhir pada manusia untuk vaksin potensial pada akhir bulan ini. Hal itu akan memecahkan rekor waktu yang sangat singkat untuk menghasilkan vaksin - bahkan ketika para ilmuwan mengatakan tidak ada jaminan vaksin akan efektif.

Presiden Donald Trump berulang kali menggembar-gemborkan “kemajuan luar biasa” pengembangan vaksin, menyebut proyek Operation Warp Speed, karena kasus-kasus coronavirus di seluruh AS terus melonjak. AS telah melaporkan lebih dari 3,3 juta Covid-19 kasus dan setidaknya 135.205 kematian pada hari Senin, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Pada hari Minggu, kasus tumbuh sebesar 5% atau lebih di 37 negara bagian dan juga Washington, D.C., menurut analisis data CNBC. Kasus-kasus baru mencapai rekor rata-rata harian 59.100 pada hari Minggu, menurut rata-rata tujuh hari yang memuluskan fluktuasi dalam kesenjangan pelaporan sehari-hari.

Banyak pejabat negara bagian dan lokal di seluruh AS mengkritik Trump dan pemerintah, yang dinilai tidak responsif dan kurang terkoordinasi. Bulan lalu, administrasi Trump mengatakan vaksin itu akan diberikan secara gratis kepada orang Amerika yang tidak mampu membelinya.

Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular dan anggota gugus tugas Covid-19 di AS, mengkhawatirkan tentang "daya tahan" vaksin potensial, dengan mengatakan ada kemungkinan itu tidak memberikan kekebalan jangka panjang. Jika Covid-19 bertindak seperti virus korona lain, "kemungkinan besar kekebalannya tidak akan lama," kata Fauci saat wawancara pada 2 Juni dengan Editor JAMA Howard Bauchner.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN