Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tenaga medis sebuah rumah sakit menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari WeCare.id yang khusus menggalang dana dari masyarakat Indonesia

Tenaga medis sebuah rumah sakit menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari WeCare.id yang khusus menggalang dana dari masyarakat Indonesia

WeCare.id Galang Dana dan Alat Perlindungan Diri (APD)

Senin, 6 April 2020 | 17:25 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Mendukung pemerintah dan tenaga kesehatan melawan COVID-19, WeCare.id menggagas program #APDUntukNegeri. Program ini dibentuk untuk penggalangan dana dan penyediaan APD bagi tenaga medis dengan membangun situs web yang dibangun khusus untuk menggalang dana.


 

Program ini dimulai dengan melakukan pendataan secara real-time terkait rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan primer yang kekurangan APD, menyediakan APD, hingga mendistribusikan APD tersebut, termasuk sampai ke wilayah yang jauh dari pusat.

 

Penyebaran COVID-19 mengalami peningkatan yang sangat tinggi sejak Maret 2020, yang menyebabkan Indonesia saat ini berstatus Darurat COVID-19. Berdasarkan data dari covid19.go.id dan kemenkes.go.id per Senin, 6 April 2020, terdapat 2.491 kasus positif corona. Pasien sembuh 192 orang. Jumlah pasien meninggal 209 orang dan diantaranya terdapat 17 tenaga kesehatan.


 

Salah satu penyebab tingginya angka kematian pada tenaga medis adalah ketidaktersediaan APD yang layak dan memadai di rumah sakit ataupun pusat pelayanan kesehatan di berbagai daerah di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan tenaga medis memiliki risiko tinggi terpapar virus SARS-COV2.

 

Dengan adanya inisiatif program #APDUntukNegeri hingga 3 April 2020, sudah tercatat 1.375 rumah sakit, puskesmas, dan klinik yang mendaftarkan kebutuhan APD mereka melalui situs WeCare.id. Dari data ini, WeCare.id telah menghitung estimasti biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan seluruh pusat pelayanan kesehatan yang telah mendaftar yaitu dengan total biaya Rp543 miliar. Untuk mencapai total biaya tersebut, telah tercatat 2.500 individu yang telah bergabung untuk berdonasi bersama WeCare.id.

 

dr. Mesty Ariotedjo, salah satu pendiri WeCare.id menjelaskan “Sejak didirikan 5 tahun lalu, September 2015, salah satu komitmen kuat kami adalah setiap masyarakat Indonesia berhak atas pelayanan kesehatan yang merata. Terkait dengan kasus Covid-19, sebagai seorang dokter di rumah sakit nasional di Jakarta, saya merasakan langsung betapa sulitnya mendapatkan APD sejak kasus ini muncul. Melalui program yang kami jalankan, hingga saat ini WeCare.id telah berhasil mendistribusikan APD ke 156 rumah sakit dan klinik. Angka ini masih 10% dari total keseluruhan. Tentunya dibutuhkan usaha yang lebih besar, lebih cepat, dan efisien agar seluruh rumah sakit, puskesmas, dan klinik dapat terpenuhi kebutuhan APDnya,” harap Mesty dalam keterangan persnya.


Bergerak bersama

WeCare.id telah berkolaborasi dengan 30 rekanan di antaranya 6 perusahaan besar yang juga memiliki visi dan misi yang antara lain; Tokopedia Salam, PT Paragon Technology and Innovation, The Body Shop, Sayurbox, Indomie, dan SiCepat.  WeCare.id juga menggandeng lebih dari 10 figur publik diantaranya adalah; Dian Sastrowardoyo, Maudy Ayunda, Raline Shah, Sandra Dewi, dan Rossa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait darurat COVID-19 di Indonesia dan krisis APD tenaga kesehatan pada saat ini.

 

WeCare.id mengajak seluruh masyarakat, para penggalang dana, dan rekanan untuk bekerja bersama agar APD yang memadai dapat diperoleh, segera didistribusikan secara merata tepat guna dan tepat sasaran, sehingga bermanfaat oleh para tenaga kesehatan yang sedang bertugas.

 

“Sudah saatnya kita tidak bergerak sendiri-sendiri dan melangkah bersama dengan melakukan apa yang kita bisa lakukan. Bekerja sama dalam Melawan COVID-19 di Indonesia sehingga seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan terlindungi. Semua dimulai dari diri sendiri, dengan cara #dirumahaja atau dapat berdonasi, dan ataupun menjadi  relawan di WeCare.id!” tegas dr. Mesty Ariotedjo.

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN