Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Investor melihat pergerakan saham di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Investor melihat pergerakan saham di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Ingin Berinvestasi? Pahami Risiko dan Raih Keuntungannya

Jumat, 31 Desember 2021 | 08:31 WIB
S.R Listyorini

JAKARTA, Investor.id - Investasi berarti melindungi nilai aset kekayaanmu dari “gerusan” inflasi. Selain itu berinvestasi adalah cara yang tepat agar dapat mencapai tujuan keuangan.

Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda. Beberapa membutuhkan uang untuk dana pendidikan, ada juga untuk kebutuhan lain. Perbedaan tujuan keuangan inilah yang membedakan instrumen/ produk investasi apa yang paling tepat serta periode waktu yang setiap orang butuhkan dalam berinvestasi.

Bicara tentang investasi, perlu diperhatikan soal risiko. Investasi dan risiko bagai dua sisi mata uang logam, suatu kombinasi yang tak dapat dipisahkan. Risiko adalah suatu ketidakpastian yang menimbulkan lahirnya peristiwa kerugian (loss) yang tidak diinginkan. Sudah pernah dengar kan, “High Risk, High Return”? Semakin tinggi return yang kamu harapkan, semakin tinggi pula risiko yang akan kamu tanggung nanti.

Mengutip dari lama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , umumnya ada tiga profil risiko seseorang dalam berinvestasi, yaitu:

1. Konservatif

Profil ini merupakan sebutan bagi kamu yang menghindari risiko tinggi. Instrumen yang cocok bagi kamu dengan profil konservatif adalah instrumen yang “aman”, yaitu memiliki nilai kenaikan yang cenderung stabil, tidak fluktuatif, namun terjamin. Instrumen yang cocok diantaranya adalah: reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, deposito, surat utang negara.

2. Moderat

Profil ini pas bagi kamu yang masih dapat menoleransi sebagian risiko penurunan nilai investasi. Kamu ingin aman, tapi pada saat yang sama kamu tidak ingin mendapatkan terlalu sedikit keuntungan. Orang moderat masih bisa menerima penurunan nilai investasi hingga tingkat tertentu, karena cost yang timbul dari kerugian yang mungkin terjadi, bernilai lebih tinggi dari profil konservatif namun masih cenderung aman. Begitu juga dengan return yang mungkin diperoleh.

Bagi kamu yang merasa memiliki profil moderat, kamu dapat memilikih instrumen sebagai berikut: reksa dana campuran dan saham saham bluechip (LQ 45).

3. Agresif

Kamu risk taker? Tidak takut mengambil risiko tinggi karena kamu cukup optimis akan berhasil mendapatkan keuntungan tinggi pula? Berati inilah profil risikomu: agresif.

Profil risiko ini cocok bagi kamu yang mengejar peningkatan nilai investasi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki usia cukup muda, tidak ada salahnya kamu mencoba instrumen yang diperuntukkan bagi investor agresif, karena kamu memiliki waktu lebih banyak jika keuntungan yang didapatkan tidak sesuai dengan rencanamu. Orang dengan profil risiko ini dapat menoleransi penurunan nilai investasi dalam jumlah besar. Contoh instrumen investasi untuk profil agresif: saham, fintech peer to peer lending dan reksa dana saham.

Belajar Investasi

Penting bagi kita agar meluangkan waktu untuk mempelajari lebih detail tentang seluk beluk produk investasi sebelum kita menyetorkan dana. Mulai dari manfaat, biaya, hak kewajiban dan lainnya. Karena, tanpa pengalaman dan pengetahuan yang cukup maka resiko kerugian akan semakin besar.

 Milikilah kesabaran dan kemauan yang kuat dalam menjalani proses pembelajaran itu untuk meningkatkan pengalaman kita. 

Don’t put all your eggs in one basket, kangan letakkan seluruh telur pada satu keranjang. Rsiko dapat diminimalisir dengan melakukan diversifikasi produk investasi yang hendak dipilih.  Diversifikasi produk merupakan kegiatan dimana kamu membagi seluruh harta kekayaanmu pada beberapa instrumen investasi. .

Sikapi uangmu dengan bijak. Cerdas mengelola, masa depan sejahtera

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

BAGIKAN