Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi. Foto: Pixabay.

Ilustrasi investasi. Foto: Pixabay.

10 Tips Menabung Efektif Demi Finansial Bebas Merdeka, Simak Yuk!

Jumat, 13 Mei 2022 | 14:30 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Masalah finansial menjadi masalah yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi. Salah satu upaya mengatasi masalah finansial adalah dengan menerapkan tips menabung dengan tepat.

Tapi menabung ini bisa dibilang susah-susah gampang. Biasanya hanya mudah di awal, tapi susah untuk bisa konsisten seterusnya. Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana tips menabung yang efektif supaya kondisi finansial bisa merdeka.

Agar terbebas dari masalah finansial, berikut 10 tips menabung dirangkum dari Pintu Academy yang bisa kamu terapkan sekarang juga:

1. Buat Target Tabungan Secara Rinci

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat hendak menabung adalah buat target serinci mungkin. Mulai dari untuk apa tabungan tersebut, berapa nominal yang dibutuhkan, sampai deadline yang ingin dicapai. Misalnya kamu ingin menabung untuk membeli motor seharga Rp 20 juta, dengan deadline tabungan setahun.

2. Buat Akun Tabungan Khusus

Setelah memiliki target, kamu perlu membuat akun tabungan secara khusus. Bisa berupa rekening bank tersendiri, atau bisa juga mengikuti program tabungan khusus dari bank. Misalnya tabungan berjangka, tabungan pendidikan, dan lain sebagainya. Membuat tabungan khusus akan menghindari kamu memakai uang tersebut untuk keperluan lain.

3. Dahulukan Tabungan Setiap Gajian

Biasakan untuk langsung memasukkan uang untuk tabungan setiap kamu gajian, bukan ketika ada sisa saja. Dengan mendahulukan uang tabungan, kamu akan lebih konsisten dalam menabung. Juga tentunya menghindari uang habis duluan membeli ini itu sebelum sempat menabung.

Baca juga: Tips dan Trik Mandiri secara Finansial, Tidak Sulit Kok!

4. Buat Rekap Pemasukan dan Pengeluaran

Membuat rekap catatan pemasukan dan pengeluaran secara rapi merupakan tips menabung yang sangat penting kamu terapkan. Dengan memiliki rekap yang rapi, kamu bisa memantau apakah bulan ini keadaan finansial kamu surplus atau justru defisit. Keadaan finansial ini akan berpengaruh pada jumlah tabungan, yang kalau surplus maka akan ada tambahan untuk menabung. Sebaliknya, defisit mungkin bisa mengancam tabungan kamu.

5. Hindari Utang dan Kredit

Salah satu tips dan trik menabung yang jitu adalah menghindari segala macam hutang, termasuk kredit atau cicilan. Mencicil sebuah barang mungkin menggiurkan dan terlihat lebih ringan, tapi bagaimanapun itu adalah beban utang yang harus kamu bayar. Boro-boro bisa menabung, yang ada uang kamu malah akan kurang terus.

6. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Godaan terbesar dalam menabung adalah membeli sesuatu secara impulsif, padahal itu bukan hal yang dibutuhkan. Jadi kalau kamu mau sukses menabung, kurangi segala pengeluaran yang tidak perlu. Terutama belanja online yang seringkali menggiurkan karena sangat mudah, apalagi kalau sedang banyak diskon.

7. Batasi Jajan dan Bawa Bekal

Pos pengeluaran yang cukup besar adalah makan dan jajan, apalagi kalau kamu sering membeli makan di luar. Untuk memangkas pengeluaran, kamu perlu membatasi jajan seminim mungkin. Kamu juga bisa membawa bekal setiap hari daripada harus membeli makanan ketika jam makan siang.

Baca juga: Tiga Tips Mudah Raih Kebebasan Finansial

8. Kurangi Langganan yang Tidak Perlu

Tips menabung yang selanjutnya adalah mengurangi biaya langganan yang tidak diperlukan. Sekarang ini banyak sekali layanan yang menawarkan program langganan, terutama di bidang entertainment. Seperti langganan TV kabel, internet, aplikasi streaming film dan musik, gym, dan masih banyak lagi.

9. Jual Barang Tak Terpakai

Untuk menambah isi tabungan, kamu bisa menjual barang-barang yang masih bagus namun tidak dipakai. Daripada dibiarkan teronggok di lemari, kamu bisa menjual baju, sepatu, buku, dan barang-barang lainnya. Sekarang sudah banyak situs jual beli online yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual barang-barang tak terpakai milikmu.

10. Cari Pemasukan Tambahan

Tips sukses menabung terakhir yang tak kalah pentingnya adalah mencari pemasukan tambahan. Sama seperti menjual barang tak terpakai, memiliki pemasukan tambahan tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan isi tabungan kamu.

Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pemasukan tambahan bagi tabungan adalah melalui kripto. Di pasar mata uang kripto, kamu bisa melakukan investasi dengan sangat mudah dan tak perlu modal besar. Salah satunya adalah dengan jual beli Bitcoin, yang menarik minat banyak investor termasuk di Indonesia.

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN