Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur UTama BRI Asuransi Indonesia (BRI INsurance) M Fankar Umran

Direktur UTama BRI Asuransi Indonesia (BRI INsurance) M Fankar Umran

Asuransi Melindungi Rencana Keuangan

Jumat, 14 Agustus 2020 | 09:15 WIB
Windarto

Jakarta-Dalam pemahaman keuangan masyarakat secara umum, asuransi masih belum cukup dikenal secara baik. Hal ini terlihat dari Survei Nasional Literasi Keuangan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019. Menurut survei ini, indeks literasi keuangan di Indonesia berada pada angka 38,03%, sementara indeks inklusi keuangan justru berada di angka 76,19%. Hal ini menandakan banyak masyarakat yang sudah menggunakan produk jasa keuangan tapi belum cukup memahami dengan baik produk tersebut. Sementara indeks literasi asuransi hanya 19,4% lebih rendah dari indeks perbankan yang sudah ada di angka 36,12%.

Direktur Utama PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance) M Fankar Umran mengungkapkan, kesadaran masyarakat untuk berasuransi masih rendah. Penetrasi asuransi di Indonesia hanya 2,77% terhadap PDB, atau hanya ada 1,7% saja masyarakat yang berasuransi dari jumlah penduduk sebesar 264 juta. Sementara untuk asuransi umum angkanya hanya 0,41% saja.

Dalam mengelola keuangan bila tidak menyertakan asuransi sebagai bagian yang dialokasikan akan mengancam perencanaan keuangan tersebut bila terjadi suatu risiko finansial. Fankar mencontohkan, ketika seseorang mendapatkan gaji lalu dialokasikan untuk tabungan atau deposito, tiba-tiba terjadi kecelakaan mobil. Dana yang sebetulnya bisa dipakai untuk keperluan lain seperti pendidikan anak harus diambil untuk memperbaiki mobil. Contoh lain bila seseorang memiliki utang kartu kredit atau cicilan rumah, tiba-tiba rumahnya terkena banjir, maka utangnya akan bertambah karena dia butuh pinjaman uang lagi untuk memperbaiki rumah. “Asuransi itu melindungi diri dan perencanaan keuangan. Artinya memastikan tidak keluar uang untuk sesuatu yang tidak penting dalam jumlah yang lebih besar,” imbuh Fankar dalam Webinar Literasi Keuangan Goes to Campuss bertema Cara Cerdas Berinvestasi yang Aman (13/8).

Presenter Chakry Miller memandu Webinar Literasi Keuangan Goes to Campuss (13/8)
Presenter Chakry Miller memandu Webinar Literasi Keuangan Goes to Campuss (13/8)

Namun demikian, Fankar mengingatkan, dalam berasuransi harus dilandasi dengan niat baik atau prinsip utmost good faith, dengan kata lain semua yang berasuransi tidak untuk berspekulasi atau mencari keuntungan. Kedua, harus memiliki insurable interest atau memiliki hubungan dengan obyek yang diasuransikan. Jadi kita mengasuransikan karena memiliki kepentingan.

Bagaimana memulai berasuransi? Pada dasarnya ada dua jenis asuransi yang dikenal saat ini yakni asuransi jiwa dan asuransi umum (kerugian). Ada karakter yang berbeda dari dua jenis asuransi ini, namun ada irisan untuk produk asuransi kecelakaan diri dan asuansi kesehatan, karena kedua produk ini bisa dijual oleh kedua jenis asuransi tersebut.

News Director Berita SAtu Media Holding Primus Dorimulu dan presenter Chakry Miller memandu acara Literasi Keuangan goes to Campuss (13/8)
News Director Berita SAtu Media Holding Primus Dorimulu dan presenter Chakry Miller memandu acara Literasi Keuangan goes to Campuss (13/8)

Menurut Fankar, bagi generasi milenial bisa memulai dengan asuransi yang paling sederhana dan terjangkau dulu yakni asuransi kecelakaan diri (personal accident). Banyak perusahaan menawarkan produk ini, apalagi sekarang sudah bisa diperoleh secara online. Sesuai tuntutan milenial yang menghendaki produk yang mudah, praktis, akses teknologi, dan bisa one stop service serta layanan klaim yang cepat. Dalam hal ini, lanjut Fankar, BRI Insurance sudah menyediakan layanan melalui BRI Insurance Mobile, sebuah aplikasi yang menyediakan pembelian dan pelayanan asuransi berbasis digital.

Acara Literasi Keuangan Goes to Campuss terselenggara berkat kerja sama Majalah Investor dengan Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Prudential Indonesia, Bank Mandiri, BRI Insurance, Panin Asset Management, dan Bursa Efek Indonesia.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN