Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto ilustrasi kartu ATM/kartu kredit

Foto ilustrasi kartu ATM/kartu kredit

Cara Mengatasi Kehilangan Kartu ATM/Kartu Kredit

Listyorini, Jumat, 22 November 2019 | 13:20 WIB

JAKARTA, Investor.id – Kesibukan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari seringkali membuat kita lengah dan lalai, termasuk menjaga barang-barang berharga, salah satunya kartu ATM dan kartu kredit. Apa yang perlu dilakukan jika kita mengalami hal itu?

Mengutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan jika kita kehilangan kartu ATM dan atau kartu kredit.

  • Jangan panik, pastikan Anda mengetahui nomor Pusat Layanan (Call Center) yang benar-benar dimiliki oleh bank. Umumnya, nomor telepon pusat layanan diawali angka 140XY atau 1500XYZ. Jangan terlalu terburu-buru menghuburngi nomor telepon yang ada pada mesin ATM atau selebaran yang tidak resmi. Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan kartu ATM tertelan. 

  • Segeralah melapor ke bank penerbit karttu, maksimal 1 x 24 jam agar kartu segera diblokir. Usaha ini untuk menghindari pemakaian kartu kredit/ ATM oleh pihak lain. 

  • Catatlah waktu pemblokiran dan nama petugas bank yang melayani pemblokiran kartu. Hal ini diperlukan jika tetap ada transaksi pasca permintaan pemblokiran. 

  • Selama Anda tidak melaporkan kehilangan kepada penerbit kartu, transaski yang terjadi menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemegang kartu. Jangan lupa untuk memberikan surat pernyataan kehilangan yang Anda tandatangani. Mintalah kartu baru untuk menggantikan kartu yang hilang. Perhatikan dokumen yang harus dipenuhi untuk penggantian kartu tersebut. 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA