Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kebiasaan membaca pada anak membawa banyak manfaat.

Kebiasaan membaca pada anak membawa banyak manfaat.

Manfaat Ajak Anak Membaca di Masa Pandemi

Sabtu, 24 April 2021 | 09:56 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA – Mengajak anak membaca pada masa pandemi bukan hanya bermanfaat memberikan wawasan dan pengetahuan saja bagi anak. Membaca juga memberikan banyak manfaat lain mulai dari menjadi sarana hiburan, menstimulasi pertumbuhan anak, mengajarkan nilai kebaikan, hingga mempererat hubungan kasih sayang antara orang tua dan anak.

Fathya Artha Utami, M.Psi, Psikolog Anak memaparkan bahwa Ramadan di situasi pandemi memiliki tantangan tersendiri bagi anak. Ruang gerak yang terbatas, pilihan kegiatan yang cenderung monoton, ditambah minimnya interaksi dengan teman bisa menjadi faktor anak merasakan stres.

Stres anak bisa berpengaruh pada emosi yang tidak stabil yang bisa terlihat dari perilaku anak menjadi sulit diajak bekerja sama. “Hal ini dapat menjadi tantangan bagi orangtua dalam melakukan rutinitas bersama anak, misalnya kegiatan makan yang menjadi kunci utama dalam meningkatkan imunitas anak terutama di bulan Ramadan,” ungkap Fathya di sela Webinar dan Peluncuran Program BACA oleh Danone Indonesia, Jumat (23/4).

Untuk mengatasi situasi tersebut, Fathya menyarankan agar anak diberikan kegiatan yang beragam dan seimbang antara kegiatan yang menggunakan gadget dengan kegiatan offline. Sebagai alternatif, anak dapat dikenalkan dengan aktivitas membaca yang menyenangkan. Sebab, membaca mengasah kemampuan bahasa anak untuk dapat memahami makna dibalik sebuah kata melalui konteks cerita yang dibaca.

Oleh karena itu, kegiatan membaca dapat memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Selain itu, kegiatan membaca membantu orang tua dalam mengasah imajinasi, empati, dan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Membaca juga bisa menjadi sarana hiburan untuk anak sekaligus memperluas wawasannya.

“Selain untuk menstimulasi pertumbuhan anak, aktivitas membaca yang dilakukan bersama orangtua juga bisa menjadi momen indah untuk mempererat hubungan kasih sayang antara orangtua dan anak,” tambah Fathya.

Untuk mengajak anak membaca, Fathya menyarankan orang tua untuk membuat kegiatan tersebut menjadi menyenangkan dengan cara menyiapkan pojok baca atau spot seru untuk membaca. Ajaklah anak untuk memilih buku. Bercerita dengan intonasi suara juga properti yang seru. Kemudian, sambungkan cerita yang dibaca dengan aktivitas sehari-hari. Jadikan pergerakan anak sebagai ajang untuk melibatkannya dalam cerita. Libatkan pula anak dalam cerita yang dibaca. Orangtua juga perlu merasa aktivitas tersebut seru.

Sementara itu, Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan melihat banyaknya manfaat membaca, Danone Indonesia bekerja sama dengan Tentang Anak, sebuah wadah edukasi dan informasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang, meluncurkan program BACA, sebuah program ajakan untuk mencintai kegiatan membaca dan belajar kebaikan kepada anak-anak melalui sumbangan buku bacaan serial 'Sikap Baik' sebanyak 1.000 buku untuk didistribusikan pada bulan Ramadan ini.

Selain itu, Danone Indonesia menyumbangkan buku “Sampahku Tanggung Jawabku” untuk mengajarkan anak-anak mencintai lingkungan dan modul serta flipchart “Isi Piringku” yang juga disebarkan untuk memperkenalkan anak tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi melalui menu gizi seimbang.

Menurut Arif, kedua buku yang merupakan bagian dari program berkelanjutan unggulan oleh Danone Indonesia tersebut akan disebarkan kepada pasien anak-anak yang terkena COVID-19 atau penyakit lain di beberapa rumah sakit dan Wisma Atlet yang sedang dalam perawatan. Selain itu, buku juga akan diberikan kepada anak-anak di sejumlah panti asuhan, PAUD, dan taman posyandu lainnya.

Ia pun berharap para pendamping di tempat-tempat tersebut dapat memanfaatkannya sebagai bahan pengajaran. Selain buku yang disebutkan di atas, karyawan Danone Indonesia juga turut berpartisipasi dengan mendonasikan buku dan mainan anak-anak.

“Sebagai puncak dari program BACA, Danone Indonesia dan Tentang Anak akan menggalang Donasi 5.000 Buku Serial “Sikap Baik” untuk anak-anak Indonesia yang akan didistribusikan melalui Wecare.id. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat menyalurkan donasinya melalui Wecare.id,” tutup Arif. (iin)

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN