Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi asuransi untuk kendaraan mobil. ( Foto: stimewa )

Ilustrasi asuransi untuk kendaraan mobil. ( Foto: stimewa )

Manfaat dan Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Sabtu, 24 April 2021 | 07:06 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Selain sebagai sarana transportasi, keberadaan mobil pribadi juga tentunya menjadi aset dan investasi tersendiri. Sayangnya, masih banyak dari masyarakat yang belum mengasuransikan mobilnya. Padahal asuransi mobil merupakan langkah vital yang bisa melindungi kita dari berbagai kerugian yang signifikan.

Mempunyai mobil tanpa ditunjang asuransi mobil terbaik tentunya menghadirkan risiko tersendiri. Sebagai penunjang keselamatan untuk mobil kesayangan dari risiko kerusakan, kecelakaan, pencurian dan kehilangan atau hal buruk lainnya yang bisa saja terjadi, pilihan yang paling bijak adalah menggunakan asuransi. Ini dikarenakan tujuan utama dari asuransi adalah melindungi, menjamin, serta menanggung risiko yang akan terjadi pada mobil kita.

Perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya untuk risiko tersebut sehingga kita tidak perlu cemas atau pusing jika tidak memiliki tabungan. Dengan demikian, semakin jelas fungsi asuransi mobil sangat bermanfaat sebagai proteksi dan jaminan bukan hanya untuk diri kita, tapi juga untuk mobil dan keuangan kita. 

Walaupun begitu, karena satu dan lain hal, masih saja ada yang belum bersedia memprioritaskan kepemilikan asuransi mobil. Padahal, ada banyak risiko kerugian yang mengintai Anda dalam keadaan seperti itu. Apa saja kerugian yang bisa terjadi? 

1. Risiko Kecelakaan

Kita tak dapat memprediksikan masa depan. Dimana hal-hal tak terduga kerap terjadi dalam hidup. Dengan demikian, kecelakaan pun bisa terjadi dan menimpa siapa pun, kapan pun dan dimanapun. Apalagi jika Anda hidup di kota besar yang notabene kondisi lalu lintasnya senantiasa padat. Meski sudah mengemudi dengan hati-hati, belum tentu pengguna jalan lainnya sama berhati-hatinya seperti kita sehingga bisa saja risiko kecelakaan datang menimpa. 

Jika hendak mengkalkulasikan biaya kerusakan mobil akibat kecelakaan, serta biaya rumah sakit akibat benturan atau luka yang kita alami, dana yang perlu kita keluarkan akan cukup besar. Tergantung dari seberapa parah tingkat kecelakaan yang kita alami. Ini akan menjadi beban tersendiri jika kita tidak memiliki asuransi mobil.

2. Risiko Kerusakan Mobil

Mau tak mau, mempunyai mobil membuat kita harus siap mengantisipasi berbagai risiko dan konsekuensi kepemilikannya. Pasalnya, sebagian orang kerap “menganaktirikan” mobil bekas dan menganggap hanya mobil baru saja yang memerlukan asuransi, sedangkan mobil bekasnya tidak. Namun jika berbicara mengenai kerusakan, baik baru maupun bekas, semua mobil berpotensi mengalaminya.

Terlepas dari apakah Anda sudah rutin melakukan service bulanan dan apakah mobil Anda bekas atau baru, risiko mobil mogok pun masih bisa terjadi. Kabar baiknya, ketika Anda mempunyai asuransi mobil, Anda tak akan perlu panik dan dibingungkan lagi jika tiba-tiba jagoan Anda mogok. Anda tinggal langsung menelepon perusahaan asuransi Anda untuk mengatasi semua itu. Begitulah, semudah dan sepraktis itu.

3. Risiko Kecurian atau Kehilangan

Sebagai barang dengan nilai jual tinggi, mau tak mau mobil Anda berisiko menjadi sasaran utama para bandit. Bahkan alarm dengan teknologi canggih sekalipun masih belum cukup untuk mengamankan kendaraan kita. Pasalnya zaman sekarang otak kriminal para maling pun sudah semakin licik untuk menyiasati kecanggihan teknologi. Tak bisa dibayangkan berapa kerugian materi yang harus Anda pikul jika mobil Anda tiba-tiba hilang lenyap begitu saja karena kecurian. 

4. Risiko Bencana Alam

Katakanlah Anda sudah yakin telah terbebas dari bahaya banjir karena hunian Anda berada di area yang aman dan bebas banjir. Sekalipun begitu, bagaimana dengan tempat-tempat lain yang Anda kunjungi sewaktu-waktu? Misalnya saja, Anda tengah melakukan perjalanan bisnis ke suatu tempat di musim hujan, dan tanpa diduga banjir melanda. Risiko mobil yang terjebak banjir adalah mesin mobil yang tak mau menyala. Bahkan mesin bisa menjadi rusak, yang akhirnya mendatangkan kerugian bagi Anda.

Keuntungan dan Manfaat Kepemilikan Asuransi Mobil

Berdasarkan 4 alasan di atas, untuk Anda yang masih memiliki kredit mobil bekas, asuransi mobil tentu saja penting seperti layaknya mobil baru. Dengan mengasuransikan mobil Anda, setidaknya keempat risiko tersebut dapat diantisipasi sehingga biaya yang Anda tanggung dapat ditunjang oleh pihak asuransi. Selain itu, kepemilikan asuransi tentunya membuat kita mendapatkan sejumlah manfaat dan keuntungan. 

Pertama, Anda bisa terbebas dari beban pikiran dan rasa takut yang terus-menerus. Setidaknya, Anda sudah berbuat baik kepada diri sendiri dengan mempersiapkan solusi untuk membantu kelangsungan hidup yang ideal dan tentunya stabilitas keuangan Anda.

Kedua, Anda akan terbebas dari beban ekonomi sebagai antisipasi menghadapi terjadinya sesuatu yang buruk. Sudah bukan rahasia lagi bahwa bagi sebagian dari kita, memiliki mobil bukan berarti kita hidup kaya raya berkelimpahan. Banyak juga dari kita yang memiliki pendapatan terbatas namun terpaksa memiliki mobil dikarenakan tuntutan kerja dan mobilitas yang tinggi.

Ketiga, kepemilikan asuransi membebaskan kita dari tanggungan pihak ketiga. Kecelakaan berkendara bisa terjadi karena penyebab tunggal atau melibatkan pihak lain. Kepemilikan asuransi bukan hanya akan membebaskan Anda dari biaya-biaya untuk Anda sendiri, Anda juga tak perlu membiayai pihak ketiga yang ikut terlibat dalam kecelakaan tersebut karena asuransi lah yang akan mengurusnya, baik itu biaya perbaikan maupun perawatan medis.

Keempat, asuransi membebaskan Anda dari biaya ekstra kalau-kalau terjadi bencana alam atau insiden lainnya. Seperti yang kita ketahui, bencana alam tak bisa ditebak dan diprediksi. Apabila terjadi banjir, longsor, gempa bumi dan hal lainnya yang menyebabkan mobil kita rusak, maka asuransi akan siap melindungi Anda. Termasuk jika Anda mengalami tindak pengrusakan (vandalisme) atau pencurian mobil. Terdengar melegakan, bukan?

 


 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN