Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto bersama para pembicara saat peluncuran virtual asuransi jiwa PRUWarisan

Foto bersama para pembicara saat peluncuran virtual asuransi jiwa PRUWarisan

Mempersiapkan Warisan dengan Asuransi

Sabtu, 23 Januari 2021 | 10:26 WIB
Windarto

Jakarta, Investor.id – Warisan merupakan harta peninggalan yang akan diberikan orang tua kepada anak-anaknya sepeninggalnya kelak. Harta peninggalan tersebut diharapkan bisa memberi manfaat untuk kelanjutan hidup anak-anaknya, bahkan tidak jarang bisa diwariskan lagi hingga turun temurun. Namun, banyak orang belum mempersiapkan warisan dengan alasan merasa tabu membicarakan warisan ketika masih hidup. Selain itu ada beberapa alasan orang tidak mempersiapkan warisan di antaranya lebih memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan hidup yang ada saat ini, merasa belum cukup memiliki harta untuk diwariskan atau bahkan merasa sudah cukup dengan harta yang ada saat ini.

Padahal dalam ranah perencanaan keuangan, mempersiapkan warisan merupakan bagian dari rencana yang harus dipersiapkan. Mengapa? Di antaranya untuk menghindarkan ahli waris berselisih dan mengoptimalkan nilai harta yang akan diwariskan.

Warisan biasanya dalam bentuk harta benda seperti tanah, kendaraan, kepemilikan saham, usaha, bahkan koleksi benda-benda antik atau karya seni. Namun warisan dalam bentuk asuransi bisa jadi pilihan menarik. Diungkapkan Pegiat Perencana Keuangan Dani Rachmat, dua kelebihan asuransi jiwa untuk dijadikan warisan yakni memiliki nilai pasti dan prosedur yang lebih jelas. Nilai uang yang akan diterima ahli waris sejak awal sudah bisa ditentukan ketika kita menentukan nilai uang pertanggungan (UP) asuransi yang dipilih. Dengan menyetor premi secara berkala kita sudah mempersiapkan peninggalan yang berharga di kemudian hari.

Berbeda dengan urusan warisan konvensional, prosedur memperoleh 'warisan' asuransi lebih mudah, karena tinggal mengikuti prosedur klaim yang ditetapkan perusahaan asuransi yang bersangkutan, dana bisa langsung cair.

Disampaikan Himawan Purnama, Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia, manfaat mempersipkan warisan asuransi lainnya yakni, penerima warisan sudah tercatat dan jelas di dalam polis asuransi, sehingga tidak akan terjadi perselisihan klaim siapa yang paling berhak. Pemegang polis pun terlindungi asuransi sejak polis diterbitkan. Berbeda dengan warisan konvensional yang memerlukan perawatan, asuransi tidak memerlukan biaya khusus untuk perawatan polis. Begitupun tidak memerlukan pengurusan sertifikat atau bea balik nama saat klaim asuransi, manfaat asuransi bisa langsung digunakan oleh ahli waris.

Secara umum asuransi jiwa bisa dijadikan alternatif dalam memberikan warisan orang tua kepada anak-anaknya. Beberapa perusahaan secara khusus menawarkan produk yang memang ditujukan untuk hal ini, seperti yang baru dirilis PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melalui Asuransi Jiwa PRU Warisan (PRUWarisan).

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN