Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menparekraf Sandiaga Uno berkisah tentang perjuangan membangun bisnis.

Menparekraf Sandiaga Uno berkisah tentang perjuangan membangun bisnis.

Sandiaga Uno Kisahkan Pengalaman Bisnisnya Bangkit dari Krisis

Rabu, 7 April 2021 | 13:41 WIB
Natasia Christy

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang hadir sebagai pembicara kunci pada hari kedua Next Gen Summit 2021 yang digelar Beritasatu Media Holdings, Rabu (7/4/2021), memaparkan pengalamannya dalam membangun usaha. Sandiaga mengaku pernah mengalami jatuh bangun dari krisis, namun terus berusaha bangkit dan meraih pencapaian jauh lebih tinggi.

“Di dalam dunia usaha, terutama setelah saya hijrah dari profesional menjadi entrepreneur, terus bergerak jatuh bangun ada 5-6 kali krisis yang kita hadapi mulai dari global financial crisis, krisis derivatif, perusahaan terombang-ambing nyaris terkena liquidity squeeze,” kata Sandiaga atau biasa disapa Sandi.

Sandi mengatakan peluang justru muncul dari kegagalan saat dia dipecat dari perusahaannya. Dia mendirikan perusahaan konsultasi keuangan yaitu PT Saratoga Advisor yang pada akhirnya sukses setelah berdiri selama 20 tahun dan berhasil mempekerjakan 30.000 karyawan.

“Di setiap krisis, kita belajar dan mampu mengambil hikmahnya untuk melakukan perbaikan-perbaikan,” kata Sandi yang pernah tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes antara lain tahun 2009 yaitu urutan ke-29 dan urutan ke-37 pada 2011.

Sandi mengatakan krisis justru mendorong bisnis untuk terus beradaptasi dan tidak pernah berhenti berkolaborasi. Menurutnya, baik dalam bisnis atau pekerjaan biasa, jangan pernah mengambil jalan yang aman.

Dia mencontohkan saat memilih masuk ke ranah publik sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Sandi mengaku ditantang untuk naik ke tingkat nasional. Saat masuk ke tingkat nasional, Sandi juga terus bergerak dan tidak berhenti terutama saat ini berusaha melakukan pembuktian untuk membangkitkan pariwisata di tengah krisis pandemi Covid-19.

“Kalau mau ambil aman, saya pilih balik ke Balai Kota,” ujarnya.

Sandi mengaku senang melihat semangat, motivasi, harapan, dan optimisme anak-anak muda sekalipun saat ini menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Menurutnya, semangat untuk melawan krisis bisa semakin tumbuh jika semua pihak bersatu atau bergandeng tangan melakukan loncatan.

“Apalagi sudah ada enabler yaitu digital dan teknologi berupa artificial intelligence, networking. Indonesia adalah bangsa yang sangat cepat beradaptasi. Di sini saya menaruh harapan dan optimisme,” lanjutnya.

Sandi juga mengingatkan para pengusaha yang beralih menjadi pejabat publik. Dia mengatakan jika ingin mencari kekayaan maka paling tepat menjadi pengusaha, sebaliknya jika ingin mengabdi kepada masyarakat maka tepat jika berkontribusi di ranah publik.

“Jangan ke ranah publik kalau mau mencari nyaman, cari aman,” ucapnya.

Caption: Dari kanan ke kiri: Ellyza Hasan (host), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Founder dan CEO Emtrade, Ellen May, dan Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) Pandu Sjahrir saat diskusi  Next Gen Summit 2021 yang digelar Beritasatu Media Holdings, Rabu (7/4/2021).

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN