Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pemerintah Akan Atur Investasi Daerah

Senin, 9 Mei 2011 | 16:01 WIB
Antara

JAKARTA – Pemerintah berencana mengatur mekanisme investasi pemerintah daerah (pemda) agar memberikan manfaat nyata bagi pemda. Rencana pengaturan ini dilakukan terkait kasus pembelian saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT), dimana manfaat investasi pemda setempat sebagian besar malah dikuasai oleh pihak swasta.

Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo menjelaskan aturan tersebut diperlukan untuk membentuk sistem pemerintahan yang baik di setiap daerah dan menjamin agar manfaat sebesar-besarnya diterima daerah. Selain itu, aturan tersebut juga akan mempermudah pelaksanaan audit terhadap investasi daerah yang bersangkutan.

“Kalau misalnya di daerah melakukan investasi dan bentuknya investasi bekerja sama dengan kreditur, itu tentu ada (aturannya). Yang penting nanti good government dan manfaat kepada pemda harus jelas karena sebagai institusi publik tentu ada audit. Nanti akan diperiksa apakah memberikan nilai tambah yang baik bagi masyarakat,” ujar Menkeu di Jakarta baru-baru ini.

Menurut Agus, pemerintah akan menyesuaikan rancangan aturan tersebut dengan masing-masing daerah agar tidak berbenturan dengan aturan yang sudah ada. Dia juga menjamin rencana aturan tersebut tidak akan merugikan pemda setempat.

“Kami belum atur, tapi aturannya akan ada di masing-masing pemda karena di pemda ada aturannya sendiri. Saya 25 tahun jadi bankir, kalau saya kasih kredit tentu orang itu akan saya atur dengan sangat baik,” katanya menandaskan. (wyu)

Editor :

BAGIKAN