Menu
Sign in
@ Contact
Search
Investor Daily

Investor Daily

Total Investasi Korsel Diperkirakan Melebihi US$ 20 Miliar

Rabu, 18 Mei 2011 | 17:15 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

NUSA DUA – Pemerintah optimistis potensi investasi Korea Selatan (Korsel) yang akan masuk ke Indonesia melalui kerja sama kemitraan mencapai US$ 20,28 Miliar. Oleh karena itu, pemerintah akan membentuk sekretariat khusus untuk menyelesaikan berbagai hambatan dalam kerja sama tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan saat ini Korsel menempati posisi ketujuh mitra dagang Indonesia berdasarkan nilai transaksinya. Pada tahun lalu total nilai perdagangan bilateral dengan negeri ginseng itu mencapai US$ 20,28 miliar dan diprediksi bisa mencapai US$  40 miliar pada 2014.

“Saya yakin nilai perdagangan antara kedua negara (RI dan Korsel) akan mencapai puncaknya pada 2011. Ini menunjukkan penguatan hubungan ekonomi bilateral. Para pemimpin kami (presiden kedua negara) berharap nilai perdagangan ini bisa meningkat hingga US$ 40 miliar pada 2014,” ujar Hatta ketika membuka acara Working Level Task Force Meeting RI – Republik Korea Selatan di Nusa Dua, Bali, Senin (18/5).

Acara itu dihadiri Menteri Perekonomian Korsel Choi Joong-Kyung, Duta Besar Korsel untuk RI Kim Ho-Young, Duta Besar RI untuk Korsel Nicholas Damen, Ketua Perwakilan Kadin Untuk Delegasi Korea Dito Ganinduto, para pengusaha RI dan Korea dan sejumlah pemimpin daerah.

Hatta mengakui bahwa dirinya belum bisa menjelaskan secara lebih lanjut total nilai investasi yang akan datang dari negeri ginseng tersebut. Namun dia berharap pertemuan kerja sama gugus tugas ini akan meningkat menjadi konferensi kerjasama kemitraan.

“Dari 100 pengusaha yang datang dari beberapa yang diminta identifikasi ada potensi lebih dari US$ 20 miliar. Misalnya untuk solar energi itu saja sudah US$ 2 - 3 miliar, petro chemical di atas US$ 5 miliar. Potensi ada sekitar US$ 20 billion,” jelas Hatta.

Dia juga memastikan pemerintah akan memuluskan jalan investasi dari Korsel dengan menggulirkan berbagai kebijakan pendukung. (wyu) .







Editor :

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com