Menu
Sign in
@ Contact
Search

Tren Ekonomi Global akan Membaik

Senin, 27 Juli 2015 | 11:04 WIB
Oleh Yosi Winosa dan Hari Gunarto (redaksi@investor.id)

Faktor global memang sangat menentukan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun Purbaya melihat bahwa tren ekonomi global bakal membaik. Dia menyebutkan, ekonomi Amerika Serikat akan terus menguat. Eropa dan Jepang juga akan tumbuh lebih cepat dengan stimulus yang diluncurkan secara besar-besaran. “Ekonomi Eropa tetap oke, kecuali Yunani,” kata dia.


Ekonomi Tiongkok hanya akan tumbuh sekitar 7% dalam jangka pendek ini. Namun, Purbaya menyebut bahwa pemerintahannya selalu berupaya habis-habisan mengatasi masalah ekonomi yang terjadi.


Perbaikan ekonomi global ke depan juga tercermin pada prediksi Dana Moneter Internasional (IMF). Meski dalam revisi Outlook Ekonomi Dunia IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini, dari 3,5% menjadi 3,3%, tahun-tahun berikutnya ekonomi dunia akan melaju lebih cepat.


IMF memprediksi ekonomi global tumbuh 3,8% pada tahun depan, 3,85% pada 2017, 3,87% pada 2018, dan tahun 2019 mencapai 3,93%. David Sumual minta pemerintah mewaspadai perlambatan Tiongkok. Sebab, setiap penurunan pertumbuhan 1% negeri itu akan memangkas 0,2% pertumbuhan Indonesia, mengingat besarnya ekspor RI ke RRT. “Kita perlu orientasi ekspor dari komoditas ke manufaktur dan peningkatan investasi di sektor infrastruktur maupun manufaktur,” katanya.


Sedangkan Lana Soelistianingsih mengingatkan tantangan superdolar yang berimplikasi pada perlambatan ekonomi, karena ketergantungan Indonesia yang tinggi terhadap bahan baku dan barang modal. (gye/ns/ys/gor)


Baca selanjutnya di

http://id.beritasatu.com/home/pemerintah-harus-perbaiki-iklim-investasi-agar-investasi-marak/122997

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com