Menu
Sign in
@ Contact
Search

Korsel Diharapkan Masuk 5 Besar Investasi

Kamis, 9 Juni 2011 | 15:36 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA- Berbagai perusahaan asal Korea Selatan diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi yang mereka lakukan sehingga jumlah investasi negeri Ginseng tersebut dapat masuk ke dalam urutan lima besar di Indonesia.

"Lima tahun ke depan sangat mungkin Korea (Selatan) masuk ke 5 besar," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan, di sela-sela acara peresmian pembangunan pabrik PT Hankook Tire di Bekasi, Kamis (9/6).

Menurut Gita, hal tersebut karena pada saat ini semakin banyak perusahaan asal Korsel yang menanamkan investasinya di Indonesia.

Ia mencontohkan, investasi dalam skala besar seperti yang dilakukan Hankook Tire dan Pohang Steel and Iron Company (Posco) dipastikan akan meningkatkan jumlah investasi Korsel secara signifikan.

Selain itu, ujar dia, pada saat ini terdapat ratusan perusahaan Korsel yang telah menyatakan minatnya secara serius untuk berinvestasi di Indonesia kepada BKPM.

"Dengan investasi berskala besar yang dilakukan Hankook dan Posco, akan mengubah corak posisi Korea Selatan secara substansial," katanya.

Gita memaparkan, lima besar negara asing yang berinvestasi di Indonesia adalah Singapura, Inggris, Amerika Serikat, Jepang, dan Belanda.

Acara peresmian pembangunan pabrik produksi ban itu dibangun oleh Hankook Tire yang merupakan salah satu perusahaan ban terbesar di dunia.

Pabrik bernilai US$1,1 miliar memiliki 4 fasilitas produksi utama dengan luas 60 hektare.

Selain itu, pabrik itu juga akan menjadi basis ekspor untuk pasar Amerika Utara dan Timur Tengah serta menjadi penghubung regional untuk negara berkembang di Asia.

Untuk tahap pertama, Hankook Tire akan menginvestasikan US$353 juta dengan kapasitas produksi awal direncanakan mencapai 6 juta ban per tahun.

Pabrik Hankook Tire di Indonesia itu juga akan mempekerjakan sekitar 1.400 pegawai hingga 2014 dan diharapkan dapat bertambah hingga sekitar 2.800 lapangan pekerjaan sampai 2018.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com