Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kontribusi UMKM

Kontribusi UMKM

HM Sampoerna Ajak UMKM Gali Potensi Pemasaran Digital  

Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:57 WIB
Olavia Lona

JAKARTA, investor.id - Semangat dan Aksi Perempuan Andalan (SAPA) untuk Indonesia berhasil mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan untuk memajukan sektor UMKM sebagai salah satu penggerak utama perekonomian, utamanya terkait peranan perempuan di dalam sektor ini. Adapun SAPA untuk Indonesia merupakan wujud komitmen PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) kepada pengembangan UMKM dan pemulihan ekonomi nasional melalui program Sampoerna untuk Indonesia.

Kepala Urusan Eksternal HM Sampoerna Ishak Danuningrat mengatakan, pengembangan UMKM adalah salah satu fokus Sampoerna untuk Indonesia dan khususnya guna menyikapi situasi pandemi. “Harapan kami, SAPA dapat menjadi platform untuk memberikan UMKM keterampilan praktis agar mereka bisa tetap produktif dan berdaya saing di tengah pukulan pandemi Covid-19,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10).

Diawali dengan pelatihan pada 20, 24, dan 28 September 2021, SAPA untuk Indonesia mengadakan kompetisi digital bagi pelaku UMKM untuk unjuk kemampuan promosi serta menerapkan pembelajaran dari kegiatan pelatihan. Pada kompetisi tersebut, para pelaku UMKM diajak untuk membuat video promosi produk/jasa mereka dengan durasi satu menit. Kompetisi ini menguji kemampuan para peserta untuk menyampaikan informasi produk/jasa mereka secara kreatif dalam durasi yang singkat dengan di media sosial yang menjadi keterampilan penting bagi UMKM masa kini.

Kompetisi digital SAPA untuk Indonesia menerima 227 unggahan, dan dari total unggahan tersebut terdapat 59 video yang lolos kurasi dan melalui proses penjurian. Empat pemenang telah dipilih oleh dewan juri dari Sirclo dan Smesco berdasarkan kriteria product knowledge (pemahaman produk) yang mencakup deskripsi produk atau jasa, harga, serta informasi akses ke barang atau layanan yang ditawarkan, dan kreativitas dari pelaku UMKM dalam mengemas informasi.

Juara satu kompetisi adalah Vera Damayanti, pemilik usaha Kopi Lelet Cangkir, UMKM asal Rembang Jawa Tengah yang telah berdiri sejak 1982. Dengan tagline “Nikmatnya Beda, Aromanya Berasa”. Dalam durasi satu menit, Vera mampu mengemas beragam informasi menarik dari proses produksi hingga varian produk yang ditawarkan sembari menunjukkan fasilitas produksi dan suasana toko.

UMKM @littlepalmerco milik Miranti menjadi juara kedua. Dengan gaya editing sederhana, Miranti memasarkan produk pakaian jadi untuk anak-anak buatannya, memamerkan ragam corak dan bentuk pakaian untuk anak yang menarik dengan imbuhan informasi yang ringkas dengan tambahan teks.

Sementara juara ketiga adalah @mrart.paint milik Siti Masruroh yang menawarkan phyrografi, seni lukis yang unik. Tidak menggunakan tinta atau cat melainkan menggunakan teknik membakar pada medium kayu. Siti menunjukkan teknik uniknya dan menempatkannya sebagai alternatif hadiah unik dan berkesan.

Terakhir, ada Febri Yunarta, pengusaha kerajinan @creabush_indonesia sebagai juara keempat. Dalam video unggahan akun @creabrush_indonesia, Febri memamerkan kreasi tas yang memanfaatkan tenunan lidi dikombinasikan dengan kulit sebagai alternatif ramah lingkungan yang tetap berkesan eksklusif.

Keempat pemenang tadi mendapatkan hadiah utama berupa modal usaha senilai Rp 25 juta dan laptop. Selain itu, 10 video favorit mendapatkan saldo e-wallet dengan nilai total Rp 2 juta. Lalu ada 100 peserta terpilih yang mendapatkan kelas mentoring dari Sirclo dan akan terhubung dengan platform drop shipper Siren.id milik Smesco Indonesia.

Editor : Kunradus Aliandu (kunradu@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN