Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia (BI) 2021, di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia (BI) 2021, di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Tekanan Global Meningkat, Begini Arah Bauran Kebijakan Moneter BI

Rabu, 26 Januari 2022 | 13:23 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bauran kebijakan BI tahun ini akan terus disinergikan sebagai bagian dari arah kebijakan ekonomi nasional untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan menjaga stabilitas perekonomian.

“Kebijakan moneter akan kami arahkan untuk stabilitas, menjaga inflasi, dan tentu saja stabilitas nilai tukar karena tekanan global yang meningkat. Tapi 4 kebijakan lain, makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar, inklusi ekonomi dan keuangan hijau, serta kebijakan internasional,” kata dia dalam Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia (LEKSI) 2021, Rabu (26/1).

Baca juga: Gubernur BI: Banyak Alasan Kita untuk Optimistis 

Di sisi lain, Bank Indonesia memastikan akan terus memperkuat komitmen dan koordinasi bersama pemerintah dan tim Komite Stabilitas Sistem Keuagan (KSSK) untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. “Mari kami bangkian optimisme 2022 akan lebih baik, mari sinergi bersama angkat ekonomi kita segera pulih menuju Indonesia maju,” tegasnya.

Lebih lanjut Perry menegaskan bahwa laporan tahunan Bank Indonesia tahun 2021 tidak hanya menyajikan laporan pelaksanaan tugas 2021 dan rencana 2022. Namun juga mencerminkan transformasi secara besar-besaran yang telah dilakukan Bank Indonesia sejak tahun 2018. Transformasi ini mencakup bauran kebijakan yang terus diperkuat, transformasi organisasi dan bisnis proses agar lebih efektif, lebih cepat dengan melakukan transformasi sisi sumber daya manusia.

Baca juga: Bank Indonesia Pertahankan Bunga Rendah Tahun 2022

Tak hanya itu, BI juga akan terus mengedepankan akuntabilitas dan transparansi dengan menyampaikan laporan tahunan BI kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi XI DPR. “Knowlegde, learning, budaya kerja dan lebih jauh dari itu transformasi digital. Visi kami jadi bank sentral digital terdepan yang kontribusi nyata ke pertumbuhan ekonomi nasional dan terbaik di emerging market untuk menuju Indonesia maju,” tuturnya.

Bank Indonesia juga akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dan pihak lainnya untuk membangun ekonomi yang inklusif dan sesuai dengan masyarakat Indonesia termasuk ekonomi dan keuangan syariah. “Dukungan kami sangat penuh dari pusat dan berbagai daerah 46 kantor perwakilan Bank Indonesia dalam dan luar negeri mendukung pemerintah untuk bagaimana UMKM menjadi daya dukung untuk ekonomi. Kami lakukan digitalisasi untuk dukung itu dan lebih dari itu ada juga dukungan untuk ekonomi keuangan syariah,” ucapnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN