Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama pelaku seni rupa, Anindita, penyandang difabel dengan karyanya Cute Monster

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama pelaku seni rupa, Anindita, penyandang difabel dengan karyanya Cute Monster

Sandiaga Uno Dorong Seni Rupa Ambil Peran dalam Peningkatan Ekonomi

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:08 WIB
Hendro Situmorang

JAKARTA, ivestor.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong subsektor seni rupa untuk terus berkarya.  Saatnya subsektor ini  meningkakan peran  dalam mendukung perekonomian Indonesia.

Sandiaga mendukung Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk mengonversi ruang publik atau ruang terbuka sebagai etalase bagi para pelaku ekonomi kreatif di DKI Jakarta. Hal itu ditegaskannya saat workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022 di Salihara Art Center, Jakarta.

Ia mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan seluruh stakeholder parekraf untuk mendukung upaya membangkitkan ekonomi kreatif, dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya salah satunya dengan konversi lahan terbuka milik pemerintah daerah sebagai ruang kreatif.

"Kami mengapresiasi kolaborasi untuk memberikan satu konsistensi dan komitmen program pemerintah pusat dalam memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di Jakarta Selatan khususnya di subsektor seni rupa untuk menyediakan ruang publik yang dikonversi sebagai etalase sebagai wadah pemasaran produk mereka. Sehingga ini menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi dan masuk ke dalam tatanan ekonomi baru,” ujar dia dalam keterangannya Sabtu (14/5/2022).

Cute Monster salah satunya yang dipromosikan oleh Sandiaga Uno, menurutnya karya dari Anindita penyandang difabel menjadi salah satu yang menjadi unggulan. 

Ia membeli tiga produknya Anindita yaitu jaket untuk Mpok Nur, tas serta buku catatan untuk Sulaiman. Selain itu, Kemenparekraf juga akan membantu pelaku ekraf yang hadir di workshop KaTa Kreatif Indonesia dari sisi promosi produknya melalui program Bedil (Baparekraf Digital Inovation Lab). Hal tersebut bisa meningkatkan produk mereka, bahkan kalau belum punya tempat promosikan maka produknya bisa dipromosikan di ruang pemerintahan di Jakarta Selatan. 

Menparekraf Sandiaga Uno juga secara kongkrit mendukung upaya kebangkitan ekonomi pelaku ekraf dengan mengikutsertakan dalam program pemerintah seperti Baparekraf Digital Innovation Lab (Bedil).

“Salah satunya produk @cutemonster_id yang sudah naik kelas dan kita promosikan di sosial media kami dan akan diikutsertakan dalam program Bedil. Harapannya pelaku-pelaku ekraf seperti Cute Monster dan lainnya bisa meningkatkan omzetnya, membuka lapangan kerja, memperluas peluang usaha,” katanya.

Kota Jakarta Selatan memiliki ragam komunitas seni dengan seni rupa yang khas, seperti Komunitas Salihara, Komunitas Seni Bulungan, Gudang Sarinah, Forum Lenteng, Ruang Rupa dan banyak beragam komunitas seni lainnya. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif adalah pelaku ekraf yang berada di Kota Jakarta Selatan dengan jumlah peserta sebanyak 35 peserta. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan juga dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Jakarta Selatan. Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Jakarta Selatan,” pungkas Sandiaga.

Sementara itu, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murtadho mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengedepankan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari program yang dapat diandalkan di pemerintah kota.

“Sebagai bukti kongkrit, dalam beberapa waktu, kami akan mengonversikan juga gedung kantor sebagai ruang terbuka untuk publik. Sehingga masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan dan menjadikannya sebagai etalase bagi para pelaku ekraf,” tutupnya.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN