Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar Ajak Anak Muda Berperan Aktif Sukseskan Indonesia Emas 2045 

Sabtu, 26 Nov 2022 | 16:11 WIB
Pudja Lestari/Vinni/Haniel (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku optimistis dengan target Indonesia mencapai kekuatan ekonomi lima besar dunia pada tahun 2045. Untuk mencapai target itu, Ganjar  mengingatkan pentingnya  partisipasi seluruh rakyat Indonesia dengan berbagi peran,  mengikuti arahan dan strategi  pemerintah.

Hadir secara virtual dalam IdeaFest 2022 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta pada Sabtu siang (26/11/2022), Ganjar mengungkapkan banyaknya  bakat yang dimiliki  anak muda Indonesia.

ndonesia memasuki puncak bonus demografi pada tahun 2030 mendatang, namun era bonus demografi sudah dimulai sejak tahun 2022  untuk beberapa daerah di Indonesia.

“Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat hari ini sudah memasuki bonus demografi, sehingga kalau kita lihat piramidnya itu sekarang kan agak ngembung di tengah. Artinya anak mudanya makin banyak.  Nah, itu perlu disiapkan,” jelas Ganjar.

Advertisement

Festival Kreatif IDEAFEST 2020 Tampilkan 150 Pembicara Lintas IndustriGanjar Pranowo: Pemimpin Harus Selalu Mengayomi dan Mendengar Aspirasi Rakyat

Dengan bonus demografi ini, pemerintah diharapkan dapat mengarahkan pemuda untuk berinovasi dan berkreasi membangun Indonesia yang lebih baik. Dengan begitu, anak muda akan menjadi  motor menuju target Indonesia Emas 2045.

Selain bonus demografi, Ganjar menilai pencapaian ekonomi Indonesia di tengah resesi global menjadi modal bagi Indonesia meraih target Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto sebesar 7 triliun USD di tahun 2045. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5.72% di kuartal ketiga tahun 2022 menjadi sinyal bahwa Indonesia mampu bertahan di tengah tingginya inflasi yang melanda negara-negara lain.

“Pertumbuhan ekonomi kita masih di atas lima (persen), dan kalau hari ini ada yang masih mengatakan kita tidak akan maju, saya tidak mengerti buku apa yang dibaca, siapa yang diajak diskusi,” pungkas Ganjar.

Jangan Golput! Ganjar Ajak Generasi Muda Gunakan Hak Suara di Pemilu 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi lima besar di dunia pada tahun 2045. Untuk mencapai target tersebut sejumlah program tengah digenjot oleh pemerintah, salah satunya membangun titik pertumbuhan ekonomi baru.

Jokowi memastikan titik pertumbuhan ekonomi baru akan disebar di seluruh daerah di Indonesia. Jokowi berharap titik pertumbuhan ekonomi baru ini dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga mengurangi jumlah pengangguran. Jokowi mencontohkan pembangunan infrastruktur di Mandalika tempat digelarnya balapan MotoGP berhasil merangsang pertumbuhan ekonomi. Jokowi juga mencontohkan dibangunnya kawasan industri Weda Bay di Maluku Utara telah menyumbang pertumbuhan ekonomi Maluku Utara hingga mencapai 27%.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com