Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati

Menkeu Sri Mulyani Sebut Frans Seda Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sabtu, 21 Jan 2023 | 14:08 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id) ,Indah AP (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Tokoh nasional asal Flores, Frans Seda telah memberikan banyak pemikiran dan sumbangsih terhadap bangsa dan negara. Baik di bidang keuangan dan ekonomi maupun pendidikan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani bahkan menyebut, apa yang dilakukan Frans Seda semasa hidupnya, melampaui apa yang bisa dilakukan sebagai seorang manusia. Lahir di sebuah pelosok penjuru Maumere di Nusa Tenggara Timur (NTT), meneruskan pendidikannya dan kemudian mengabdikan kepada negara dan bangsa Indonesia hingga akhir hayat.

“Atas pengabdian yang diberikan kepada bangsa dan negara, Frans Seda layak menjadi Pahlawan Nasional, bahkan lebih dari memadai untuk diusulkan sebagai Pahlawan Nasional,” papar Sri Mulyani, saat menyampaikan Keynote Speech acara Seminar Nasional Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya dengan tema “Merajut Nilai Keutamaan Frans Seda Dalam Menata Kemajuan Bangsa,” yang digelar di Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Baca juga: Kisah Frans Seda, Peletak Dasar Perekonomian Indonesia yang Disanjung Sri Mulyani

Advertisement

Sri Mulyani mengisahkan dirinya berkesempatan berkenalan bahkan berinteraksi secara langsung dengan Frans Seda, yaitu sesudah terjadinya krisis keuangan Asia di tahun 1998. Saat itu, Frans Seda diminta menjadi salah satu penasihat Presiden Megawati. Salah satu tugas Frans Seda adalah mengangkat kembali reputasi Indonesia di kancah internasional setelah melewati badai kirisis.

“Saat itu saya sedang di Atlanta (Amerika Serikat) dan dihubungi agar mendampingi Bapak Frans Seda untuk bertemu dengan para investor dan para financer global di New York. Di situ saya mengenal Bapak Frans Seda, yang masih terus berkomitmen, meskipun dalam pengalaman dan usia yang (sudah) luar biasa, tetapi selalu bersedia memberikan yang terbaik dan membangun kembali Indonesia, setelah mengalami sebuah krisis yang begitu dahsyat tahun 1997-1998,” urainya.

Lanjut Sri Muyani, komitmen terhadap bangsa dan pembangunan nasional yang dicontohkan Frans Seda tersebut merupakan teladan dan inspirasi baginya, sebagai seorang ekonom, teknokrat, dan menteri keuangan. Empat pos Kementerian pernah dijabat Frans Seda.  Pada era Presiden Soekarno, Frans Seda menjabat sebagai Menteri Perkebunan dan Menteri Pertanian. Sedangkan pada era Soeharto, Frans Seda dipercaya menjadi Menteri Keuangan dan Menteri Perhubungan dengan portolio saat itu bidang perhbungan, pariwisata, dan telekomunikasi.  

Baca juga: Sri Mulyani Terinspirasi Frans Seda, Teknokrat Pertama yang Bangun Fondasi Ekonomi

Karena itu Sri Mulyani berharap tidak hanya dirinya, sikap dan jiwa nasionalisme Frans Seda, bisa terus menginspirasi semua warga negara dalam profesi apa pun. “Bahwa kita hidup tidak sekedar hidup, namun memenuhi sebuah panggilan berbakti kepada bangsa dan negara, panggilan untuk memajukan kehidupan rakyat dan bangsa Indonesia dan ikut menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi, keadilan sosial dan kemerdekaan,” tutur Menkeu.

Dalam kesempatan itu Sri Mulyani mengapresiasi seminar yang dilakukan oleh Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya. Seminar tersebut merupakan forum yang tepat untuk merevitalisasi dan menginspirasi seluruh generasi muda, tidak hanya keluarga besar Maumere tapi seluruh generasi muda bangsa Indonesia, agar meneladani tokoh-tokoh yang telah bekerja, telah berbakti, dan telah membuktikan dirinya sebagai seorang nasionalis tulen.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com