Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Tiga Jurus Bappenas Atasi Pengangguran

Jumat, 15 Februari 2013 | 18:55 WIB
Antara

JAKARTA – Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan ada tiga upaya yang mesti dilakukan pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja (job creation).

Ketiga upaya tersebut adalah pertama, mempertahankan para pekerja yang sudah bekerja agar tidak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Kedua, menambah angkatan kerja baru per tahun mencapai 500-600 ribu orang, dan ketiga, meningkatkan kualitas kinerja pekerja.

Wakil Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Lukita Dinarsyah Tuwo menyatakan saat ini pemerintah terus berupaya untuk mengurangi pengangguran. Menurut dia, menurunkan angka pengangguran bukan perkara mudah tetapi jika tiga upaya tersebut bisa diimplementasikan dengan baik, angka pengangguran bisa berkurang.

Dia menjelaskan upaya pertama dalam rangka mempertahankan para pekerja agar tidak ter-PHK adalah menciptakan ketenangan di lingkungan kerja sehingga tercipta hubungan baik antara para pekerja dan perusahaan.

Dia menilai jika hubungan kerja sudah terjalin dengan baik akan terjadi hubungan mutualisme, perusahaan membutuhkan pekerja dan pekerja membutuhkan perusahaan. Menurut dia, terkait isu kenaikan upah miminum provinsi (UMP), banyak dari perusahaan yang melakukan penangguhan sehingga pekerja masih dalam kondisi aman.

Lukita menjelaskan pemerintah juga akan berupaya untuk menambah angkatan kerja baru dengan jumlah 500-600 ribu per tahun. Menurut dia untuk menciptakan angkatan kerja baru tersebut erat kaitannya dengan iklim investasi.

“Iklim investasi sedang berkembang pesat, jadi ada kesempatan untuk menambah angkatan kerja baru disana,” ujar dia saat ditemui di Gedung Bappenas, Jumat (15/2).

Dia menuturkan untuk mendukung iklim investasi semakin baik, Bappenas meminta kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus membangun Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), merevisi sektor yang masuk ke dalam Daftar Negatif Investasi (DNI) dan memberikan insentif berupa tax allowance dan holiday.

Dia mengatakan upaya ketiga adalah terus meningkatkan kualitas kinerja pekerja agar bisa berkompetisi di dunia kerja. Menurut dia hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan, baik berupa pelatihan bahasa asing dan komputer. (Investor Daily/c-05)

Editor :

BAGIKAN