Menu
Sign in
@ Contact
Search

SBY: Pengelolaan Ekonomi Harus Serius

Jumat, 30 Mei 2014 | 12:41 WIB
Anis Rifatul Ummah (redaksi@investor.id)

CIPANAS-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintahkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serius mengelola sistem ekonomi nasional, sebab situasi ekonomi global aman.

"Pengelolaan ekonomi harus serius. Dengan harapan, kalau ada implikasi harus kita bisa minimalkan," kata Presiden SBY saat memimpin rapat terbatas bidang Polhukam di Gedung Utama Istana Kepresidenan Cipanas, Jawa Barat, Jumat (30/5).

Rapat yang dihadiri Wapres Boediono khusus membahas tentang Peraturan Pemerintah yang menjadi turunan UU Desa dan Revisi UU Otonomi Khusus Papua.

Hadir pula, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menko Kesra Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauzi, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Menkeu Chatib Basri, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, dan Jaksa Agung Basrief Arief.

Presiden SBY mengatakan, ancaman terjadinya gangguan terhadap ekonomi nasional mulai tampak seiring menurunnya pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, pada Kuartal I-2014 yang mencapai 1%.

"Ekonomi AS pada Kuartal I - 2014 susut 1%. AS adalah ekonomi terbesar dunia, bisa dibayangjkan implikasinya terhadap perdagangan kita," kata SBY.

Dia menyebutkan, Filipina yang sejak beberapa tahun terakhir ekonominya tumbuh di atas 7%, pada Kuartal I-2014 hanya naik 5%. "Ekonomi Filipina drop 2%. Era ekonomi dunia juga membuat negara mana pun melakukan penyesuaian pertumbuhan. Tiongkok yang biasanya 10-11%, sekarang dikoreksi 7-8%," ujarnya.

Bertitik tolak dari situasi yang ada, kata Presiden, Indonesia  harus memiliki kesiapan mental untuk menjaga perekonomian nasional. "Sekali lagi, tantangan tidak ringan. Kerja keras dan fokus bekerja agar ekonomi kita bisa dijaga pada tingkat yang rasional," kata dia. (nov)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com