Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Cetak Rekor Penerbitan Terbesar

Kamis, 16 Juni 2016 | 13:41 WIB
Oleh Nasori

Sebelum menerbitkan Samurai Bonds, pemerintah menerbitkan SUN berdenominasi euro (Euro Bonds) senilai EUR 3 miliar dengan tenor tujuh tahun dan 12 tahun pada Selasa (14/6). Dengan total penawaran (total order book) investor mencapai EUR 8,36 miliar, lelang SUN berdenominasi euro kali ini mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) 1,8 kali.


“Ini merupakan penerbitan terbesar yang pernah dilakukan oleh negara non-Eropa dan negara Asia pertama yang mencapai penerbitan dengan total EUR 3 miliar,” demikian keterangan pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu.


Selain itu, penerbitan ini merupakan penerbitan terbesar yang pernah dilakukan pemerintah untuk denominasi euro, penerbitan dengan dual-tranche pertama kali dalam denominasi euro, serta transaksi dengan jatuh tempo (tenor) terlama yang pernah diterbitkan yakni 12 tahun.


“Dalam order book terdapat sejumlah investor baru yang berpartisipasi dalam penerbitan kali ini. Ini sejalan dengan strategi pemerintah dalam melakukan diversifikasi basis investor global,” demikian DJPPR Kemenkeu.


Untuk SUN euro bertenor tujuh tahun, pendistribusian kelompok investor yang berpartisipasi berdasarkan wilayah adalah Inggris Raya 31%, Eropa lainnya 27%, Amerika Serikat (AS) 21%, Asia (tidak termasuk Indonesia) 10%, dan Indonesia 11%.


Adapun untuk SUN euro bertenor 12 tahun, pendistribusian kelompok investor yang berpartisipasi berdasarkan wilayah adalah Inggris Raya 29%, Eropa lainnya 20%, AS 39%, Asia (tidak termasuk Indonesia) 10%, dan Indonesia 2%.


Transaksi ini merupakan bagian dari Program Global Medium Term Notes (GMTN) Indonesia sebesar US$ 40 miliar. Bertindak sebagai joint lead managers dan joint bookrunners penerbitan SUN valas ini adalah Barclays Capital, Deutsche Bank AG, JP Morgan Securities (Asia Pasific) Ltd, dan Societe Generale.


Sedangkan sebagai co-managers adalah PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Securities. Pada hari yang sama, pemerintah melelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk seri SPNS01122016 (reopening), PBS009 (reopening), PBS006 (reopening), PBS011 (reopening) dan PBS012 (reopening) melalui sistem lelang Bank Indonesia.


Total penawaran yang masuk dalam lelang itu sebesar Rp 6,903 triliun. “Namun, total nominal yang dimenangkan dari kelima seri yang ditawarkan tersebut adalah Rp 5,07 triliun,” demikian keterangan pers DJPPR. (ts/gor)


Baca selanjutnya di

http://id.beritasatu.com/home/kemenkeu-naikkan-utang-dengan-asumsi-defisit-melebar/145355

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN