Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Koperasi. Ilustrasi: Google/Istimewa

Koperasi. Ilustrasi: Google/Istimewa

DRAF OMNIBUS LAW CIPTA KERJA

Cukup 3 Orang, Sudah Bisa Bikin Koperasi

Kamis, 13 Februari 2020 | 12:02 WIB
Nasori

JAKARTA, investor.id – Keluhan masyarakat tentang beratnya persyaratan jumlah keanggotaan dalam pembentukan badan hukum koperasi akan segera berakhir, bila Omnibus Law atau RUU Cipta Kerja (Ciptaker) disahkan. Pasalnya, syarat pembentukan koperasi primer yang sebelum harus oleh sekurang-kurangnya 20 orang, dalam RUU itu mensyaratkan cukup dibentuk oleh minimal tiga orang.

“Koperasi Primer dibentuk paling sedikit 3 (tiga) orang,” demikian tertulis di Bagian Kesepuluh soal Perkoperasian Pasal 107 poin (1) draf RUU Cipta Kerja yang salinannya diperoleh Investor Daily. Bersama dengan surat presiden (supres) dan naskah akademiknya, kemarin, Rabu (12/2), RUU Cipta Kerja itu telah diserahkan ke DPR.

Sementara itu, dalam Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian yang masih berlaku hingga kini berbunyi “Koperasi Primer dibentuk oleh sekurang-kurangnya 20 (duapuluh) orang”.

Sedangkan terkait dengan persyaratan keanggotaan dalam pembentukan koperasi sekunder, tidak ada perubahan antara Omnibus Law Cipta Kerja dan UU tentang Perkoperasian, yaitu dibentuk oleh paling sedikit tiga koperasi.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN