Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pradesain Istana Negara di ibu kota negara yang baru karya seniman patung Nyoman Nuarta.

Pradesain Istana Negara di ibu kota negara yang baru karya seniman patung Nyoman Nuarta.

DPR Pertanyakan Langkah Pemerintah soal Pemindahan IKN

Rabu, 9 Juni 2021 | 21:13 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Anggota DPR Komisi XI DPR dari Fraksi Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mempertanyakan kebijakan pemerintah untuk melakukan pemindahan ibu kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan di tengah pandemi Covid-19. Kondisi pandemi mempengaruhi sejumlah sektor termasuk kenaikan tingkat kemiskinan dan penurunan kesejahteraan.

“Menurut hemat kami  ini harus dipikirkan ulang karena pemindahan yang cepat belum tentu menghasilkan output yang baik bagi Indonesia ke depan. apakah di masa pandemi dan kesulitan ekonomi, mengapa pemerintah harus tergesa-gesa untuk memindahkan ibu kota segera,” ucap  Didi dalam rapat kerja Komisi XI dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional pada Rabu (9/6).

Dia mengatakan dalam kondisi saat ini dan beberapa tahun ke depan seharusnya pemerintah fokus untuk melakukan pemulihan ekonomi. Dana untuk pemindahan ibu kota sebaiknya digunakan untuk pemulihan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja sehingga bisa mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Hal ini akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Bukankah pemindahan ibu kota biayanya sangat besar, bagi kami apakah timingnya tepat seperti kita ketahui biayanya sangat besar,” ucap Didi.

Anggota Komisi XI DPR Fraksi Golkar Putri Komarudin mengatakan sejauh apa kajian apa yang telah dilakukan untuk pemindahan ibu kota. Dia ingin melihat masukan sejumlah pihak terhadap proses pemindahan ibu kota negara ini.

"Mengapa pada tahun 2022 kegiatan yang didorong adalah untuk kegiatan sekretariat dan operasional komunikasi publik ibu kota negara,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi Nasdem  Achmad Hatari mengatakan menjelang tahun politik ini banyak pihak yang mempertanyakan tentang urgensi pemindahan ibu kota. Pada saat yang sama juga ada yang menyoroti tentang bagaimana keberlanjutan hak ulayat di Kalimantan dalam proses pembangunan ibu kota negara baru. Sejumlah faktor tersebut turut mempengaruhi langkah pemerintah untuk melakukan pemindahan ibu kota negara.

“Saran saya, Bappenas perlu melakukan komunikasi publik yang lebih intensif  agar masyarakat dapat memahami pentingnya pemindahan ibu kota negara,” ucapnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN