Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Photo/Mohammad Defrizal

Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Photo/Mohammad Defrizal

Erick Thohir Targetkan 15% Direksi Perempuan di BUMN Terpenuhi Tahun Ini  

Rabu, 7 April 2021 | 14:44 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan porsi kepemimpinan wanita di jajaran direksi BUMN sebanyak 15 persen dapat terpenuhi pada tahun ini.

"Kepemimpinan perempuan di BUMN yang sekarang masih 11 persen, saya minta di 2021 bisa mencapai 15 persen," ujarnya dalam konferensi pers pelantikan pengurus baru Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Rabu (7/4).

Kepemimpinan wanita di  lingkungan perusahaan pelat merah dinilai penting dalam transformasi BUMN. Karena itu, menurut Erick, keterwakilan wanita menjadi salah satu unsur penilaian terhadap kinerja BUMN.

Bahkan Erick meminta porsi kepemimpinan wanita di perusahan BUMN terus meningkat setiap tahun. "Tahun 2023 harus mencapai 20 persen untuk kepemimpinan perempuan," imbuh dia.

Menurutnya pelatihan kepemimpinan tak bisa digeneralisasi. Seperti wanita yang memang punya peran tak hanya aktif secara ekonomi tetapi juga sebagai ibu rumah tangga yang mendidik anak-anaknya. "Nah inilah, leadership ini juga training-trainingnya harus berubah. Bagaimana suasana di kerja di BUMN juga harus baik dan sehat untuk kepemimpinan wanita dan para pegawai wanita," ujarnya.

Erick menambahkan, para talenta BUMN saat ini tak hanya menghadapi tantangan dan dinamika perekonomian nasional, tetapi juga global. Di Tengah masa pandemi covid-19 proses transformasi berlangsung cepat seperti perubahan pola pikir hingga proses bisnis yang berubah yang berkembang kearah digitalisasi  dan semakin terbukanya persaingan global

Oleh karena itu, SDM di BUMN membudidayakan iklim kerja yang inovatif untuk menciptakan peluang bisnis, serta melakukan terobosan di era digital dan di masa mendatang.

“BUMN harus beradaptasi karena lanskap SDM sudah berubah. Kuncinya, para pengelola SDM di BUMN harus segera beraksi nyata menghadapi perubahan itu dengan menyiapkan berbagai pengembangan HR yang bersifat future readiness dalam menghadapi gejala perubahan manajemen, model bisnis atau gaya kepemimpinan,” jelas Erick.

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN