×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kemendes PDTT: Dana Desa Dapat Mencegah Narkoba

(gor/ant), Selasa, 26 Februari 2019 | 08:07 WIB

JAKARTA – Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Transmigrasi dan Tertinggal (Kemendes PDTT) menyatakan, dana desa dapat dipakai untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Dengan adanya pemberdayaan SDM juga akan menjadi upaya pencegahan narkoba.

"Ketika dana desa bisa diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan salah satunya adalah bagaimana memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan bahaya dari narkoba. Bagaimana menguatkan pranata keluarga, dan sosial," ucap Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi dalam keterangannya, Jumat (22/2).

Dalam mengawal desa, daerah tertinggal dan transmigrasi Kemendes PDTT menginginkan desadesa sebagai benteng pertahanan yang efektif, sehingga tidak masuk narkoba dan radikalisme.

Balai Latihan Masyarakat (BLM) yang dimiliki Kemendes PDTT menyediakan pelatihan yang bertujuan meningkatkan keahlian dan kompetensi masyarakat desa untuk mengelola desanya sendiri. BLM juga sebagai tempat sarana inovasi perdesaan dan juga sebagai balai untuk belajar mengembangkan desa.

Kemendes PDTT juga mengadakan perjanjian kerja bersama (PKB) dengan BNN dalam rangka mengoptimalkan peran Balai Latihan Masyarakat untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat desa dalam rangka mendorong dan mendukung program BNN yaitu desa bersinar (bersih dari narkoba).

"Ini adalah salah satu langkah yang sangat taktis. Kalau kita membuat proteksi untuk penyebaran narkoba, proteksi yang paling efektif adalah ditingkat perdesaan," kata Anwar.

Ia mengatakan, perdesaan tidak boleh diintervensi oleh narkoba. (ark)

BAGIKAN