Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kepastian untuk Wajib Pajak

Senin, 19 Februari 2018 | 23:10 WIB

Dihubungi terpisah, pengamat perpajakan Danny Darussalam Tax Center (DDTC) Bawono Kristiaji mengatakan, sikap Kemenkeu ini harus diapresiasi dengan baik. Dengan adanya rencana tersebut akan memberikan kepastian untuk wajib pajak.

 

“Rencana ini juga agaknya serupa dengan perubahan paradigma yang telah dilakukan di banyak negara yaitu cooperative compliance atau di beberapa negara disebut sebagai enhanced relationship ataupun horizontal monitoring,” ujar Bawono saat dihubungi Investor Daily, Minggu (18/2).

 

Bawono mengatakan, paradigma ini menunjukkan adanya kesetaraaan antara wajib pajak dengan lembaga otoritas pajak. Hubungan ini juga terlihat dengan adanya sikap saling terbuka dan saling percaya antara dua pihak. Jika terjadi permasalahan dalam pemungutan pajak maka akan dilakukan secara transaparan.

 

“Dalam praktik biasanya jika ada persoalan yang berhubungan dengan kepatuhan pajak akan diselesaikan dalam kerangka transparansi. Adanya potensi persoalan pajak diselesaikan sejak dini. Sehingga terdapat kepastian bagi wajib pajak,” ujar Bawono. (c01)

 

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/macroeconomics/pemerintah-juga-cari-pemasukan-dari-sektor-lain/172181

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN