Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank Indonesia. Foto: Uthan A Rachim

Bank Indonesia. Foto: Uthan A Rachim

Keyakinan Konsumen Membaik

Leonard AL Cahyoputra, Kamis, 13 Juni 2019 | 11:42 WIB

JAKARTA --Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan bahwa optimisme konsumen membaik. Hal tersebut tercermin pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2019 sebesar 128,2, sedikit meningkat dibandingkan IKK April sebesar 128,1.

Optimisme konsumen yang tetap baik didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE), terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama.

Di samping itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap cukup kuat meskipun lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini dipengaruhi oleh penurunan ekspektasi terhadap penghasilan dan kegiatan usaha pada enam bulan ke depan.

Hasil survei BI juga mengindikasikan tekanan harga dalam enam bulan mendatang (November 2019) diperkirakan meningkat. Peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh permintaan konsumen terhadap barang dan jasa yang diperkirakan meningkat menjelang akhir tahun.

Dalam keterangan resminya, Rabu (12/6), BI menyatakan, berdasarkan kategori responden, peningkatan IKK Mei terjadi pada responden dengan pengeluaran Rp 2-3 juta per bulan. Dari sisi usia, peningkatan IKK terjadi pada responden berusia 20-30 tahun dan 41-50 tahun. Secara spasial, IKK meningkat di 10 kota pelaksana survei, tertinggi di Pontianak.

Adapun peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) didorong kenaikan seluruh komponen indeks penyusunnya, terutama indeks ketersediaan lapangan kerja sebesar 33 poin menjadi 98,7.

Secara spasial, meningkatnya IKE terjadi di 14 kota dengan kenaikan tertinggi di Pontianak (20.1 poin) diikuti Denpasar (14,9 poin). Selain itu, indeks penghasilan saat ini meningkat 1,4 poin dari bulan sebelumnya menjadi 124,9.

Meningkatnya persepsi terhadap penghasilan saat ini ditengarai terjadi seiring dengan penerimaan tunjangan hari raya (THR) dan meningkatnya kegiatan pendapatan usaha. Kenaikan indeks penghasilan konsumen itu terjadi pada hampir seluruh kategori pengeluaran responden, terutama pada konsumen dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta. Dari sisi usia, kenaikan indeks terjadi pada responden berusia 21-40 tahun.

Baca selengkapnya di https://subscribe.investor.id/

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN