Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sri Mulyani. Foto: IST

Sri Mulyani. Foto: IST

Menkeu: Momentum Mudik Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Triyan Pangastuti, Selasa, 11 Juni 2019 | 00:31 WIB

JAKARTA – Momentum lebaran yang dimanfaatkan dengan mudik dinilai dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, baik di daerah maupun secara nasional tahun ini. Hal ini dikarenakan tahun ini pemudik lebih banyak memanfaatkan moda transportasi darat sehingga memiliki dampak yang lebih luas terhadap aktivitas perekonomian.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, lebaran memang menjadi salah satu pemicu pertumbuhan ekonomi. Bila dibandingkan tahun sebelumnya, aktivitas mudik tahun ini lebih tinggi sehingga dampaknya terhadap ekonomi lebih besar.

“Kegiatan mudik mendorong geliat ekonomi di sepanjang rute mudik. Apalagi mereka menyampaikan tidak ada kemacetan, jadi mereka cukup punya waktu untuk konsumsi dan bersilaturami," kata Menkeu Sri Mulyani yang ditemui di Rumah Dinas Widya Chandra, Jakarta, Rabu (5/6).

Menkeu berharap, denyut ekonomi tidak hanya di Jawa, tapi terjadi hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Hal ini seiring perjalanan masyarakat lebih banyak menggunakan jalur darat. Ia pun memperkirakan kinerja pertumbuhan ekonomi kuartal II akan lebih baik, sebab didorong oleh peningkatan konsumsi rumah tangga yang berasal dari dari momentum ramadan, lebaran, dan pemilu 2019.

"Secara perhitungan, tentu karena kemarin selama beberapa bulan dihadapkan suasana pemilu, kita berharap suasana di dalam lebaran menimbulkan momentum confidence. Kuartal satu kemarin, growth kita masih cukup bagus dan konsumsi masih di atas 5%, jadi kita berharap ini akan tetap bertahan karena kemarin harga-harga tetap stabil,” ujar Sri.

Baca selengkapnya di https://subscribe.investor.id/

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA