Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pemerintah akan Terbitkan SBN Rp 597 Triliun

Selasa, 21 Februari 2017 | 12:07 WIB

Menkeu menjelaskan, untuk membiayai defisit APBN, pemerintah tahun ini berencana menerbitkan surat berharga negara (SBN) gross senilai Rp 597 triliun. “Jadi, sebagian akan berasal dari pasar global. Untuk itu, kami terus mencermati timing yang tepat dan meminimalisasi faktor-faktor risiko dari global,” tandas dia.

 

Saat ini, menurut Sri Mulyani, ada risiko dari Eropa, khususnya risiko gagal bayar (default) Yunani yang bisa berdampak pada perekonomian global. Ekonomi dunia bisa kembali dilanda ketidakpastian selama tiga bulan ke depan.

 

Dia menambahkan, rasio utang Yunani kini mendekati 200% terhadap PDB-nya. Sedangkan defisit anggarannya sudah mencapai 4,2% terhadap PDB negara itu. Padahal, Uni Eropa merupakan kesatuan kawasan yang menerapkan pembatasan defisit anggaran maksimal 3%.

 

Di sisi lain, menurut Menkeu, tiga Negara yang selama ini membantu Yunani membayar utang, yakni Perancis, Jerman, dan Belanda, tengah menggelar pemilu. Ini dikhawatirkan menghambat penyelamatan ekonomi Yunani.

 

“Ketiga negara itu sedang menyelenggarakan pemilu. Biasanya banyak sentiment memanas. Ini akan menjadi ketidakpastian sekitar Juni-Juli mendatang,” ucap dia.

 

Sri Mulyani mengungkapkan, pada Juli tahun ini, Yunani harus membayar utang sebesar € 7 miliar atau setara Rp 99,25 triliun kepada bank sentral. Terhambatnya penyelamatan Yunani bakal memengaruhi pandangan investor terhadap perekonomian dunia, khususnya negara-negara yang pasarnya tengah berkembang (emerging markets), termasuk Indonesia. (bersambung)

 

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/djp-akan-sederhanakan-pengisian-spt/156821

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA