Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Stabilitas Keuangan Terjaga

Jumat, 31 Agustus 2018 | 13:17 WIB
Oleh Nida Sahara dan Hari Gunarto

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan dan kondisi likuiditas di pasar keuangan Indonesia masih dalam kondisi solid dan terjaga, di tengah tekanan tinggi yang terjadi di pasar keuangan emerging markets. Selain itu, risiko kredit, risiko pasar, dan risiko likuiditas juga masih berada dalam level yang manageable.

Sementara itu, Bank Indonesia terus mengawal nilai tukar rupiah menyusul krisis yang melanda Argentina, karena mata uang peso sudah terdepresiasi 40% sejak awal tahun. BI juga tetap melakukan intervensi ganda di Surat Berharga Negara (SBN) dan pasar uang, di samping menaikkan suku bunga acuan secara terukur.


 

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan, dalam beberapa waktu terakhir, faktor risiko di pasar keuangan global kembali meningkat, yang dipengaruhi oleh ekspektasi kelanjutan kenaikan Fed Funds rate (FFR) dan gejolak pasar keuangan Turki.


 

“Hal ini memicu peningkatan tekanan di pasar keuangan emerging markets, khususnya di negara-negara yang mengalami ketidakseimbangan eksternal,” kata Wimboh di Jakarta, Kamis (30/8).


 

Yang terbaru, mencuat krisis Argentina, karena mata uangnya –peso-- terdepresiasi tajam sebesar 40% sejak awal tahun (year to date/ytd), laju inflasi sekitar 30%, suku bunga naik 45%, perekonomiannya terkontraksi dalam tiga bulan, serta cadangan devisanya tergerus lebih dari US$ 12 miliar untuk intervensi. Kondisi tersebut membuat Argentina minta percepatan pencairan pinjaman ke Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar US$ 50 miliar. (rw/hg)


 

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/marketandcorporatenews/ojk-pasar-modal-domestik-masih-relatif-stabil/179802

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN