Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)  Dian Ediana Rae.

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae.

Woww..., Potensi Shadow Economy di Indonesia Capai Rp 5.000 Triliun

Sabtu, 24 September 2022 | 15:35 WIB
Harry Gunarto (redaksi@investor.id)

BANDUNG, investor.id –Potensi shadow economy di Indonesia sangat besar dan bisa dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Rata-rata nilai shadow economy di negara berkembang termasuk Indonesia bisa mencapai hingga 30% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Kita harus tangani shadow economy ini, nilainya bisa 30% dari PDB. Kalau itu ditangani dengan baik, ekonomi kita bisa tumbuh 7%,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan/Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan media di Bandung, Sabtu (24/9/2022).

Dengan asumsi potensi 30%, maka nilai shadow economy di Indonesia bisa mencapai Rp 5.000 triliun. Hal itu mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku tahun 2021 mencapai Rp 16.970,8 triliun dan PDB per kapita mencapai Rp62,2 juta atau US$ 4.349,5.

Dian Ediana menjelaskan, shadow economy meliputi dua kelompok bisnis. Pertama adalah bisnis-bisnis yang tidak tercatat (unrecorded), seperti bisnis rumahan, usaha mikro, dan sebagainya yang biasanya belum membayar pajak. Kelompok kedua adalah yang terkait bisnis ilegal seperti narkoba, judi, dan sebagainya.

Dian mengakui, tidak mudah untuk memberantas shadow economy yang terkait bisnis ilegal. Di negara-negara maju, nilai shadow economy bisa mencapai 5-15% PDB dan tidak mudah untuk dilacak.

“Menjadi tantangan bagi kita untuk membereskan shadow economy, secara sistemik dan mendasar. Saat ini sedang dirancang sebuah satgas khusus untuk menangani kejahatan ekonomi seperti itu, semacam Densus 88 bidang ekonomi gitu lah,” tutur Dian.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com