Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Itama Ranoraya Tbk

Itama Ranoraya Tbk

2020, Itama Ranoraya Jual Produk Swab Antigen Test 2,4 juta Unit

Selasa, 5 Januari 2021 | 20:55 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id - PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) sepanjang tahun 2020 berhasil membukukan penjualan sebanyak 2,4 juta unit produk Swab Antigen Test milik perusahan kesehatan ternama Abbott.

Direktur Utama Itama Ranoraya Heru Firdausi Syarif menjelaskan, peningkatan penjualan ini dipicu oleh meningkatnya permintaan pasca protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 untuk masyarakat yang melakukan perjalanan selama liburan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Di bulan Desember penjualan Swab Antigen Test kami mencapai 2,1 juta unit yang berasal dari pihak swasta baik ritel maupun institusi untuk pelaksanaan swab test swadaya. Sedangkan sisanya sebanyak 25% disumbang oleh pemerintah hanya 25%,” jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (5/1).

Heru menambahkan, selain permintaan yang meningkat, faktor harga dan kemudahan dalam penggunaanya menjadi salah satu alasan, produk yang bernama Panbio ini jadi pilihan.

Selain itu, produk tersebut merupakan satu dari dua alat antigen test yang masuk dalam daftar rekomendasi lembaga kesehatan dunia WHO (World Health Organization) untuk Covid-19.

“Sebab itu, ke depannya perseroan berencana melakukan peningkatan kerjasama dengan Abbott dengan menjadi Sole distributor, bahkan dapat diproduksi dalam negeri sehingga semakin menambah manfaat ekonominya termasuk sebagai peningkatan nilai ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Penjualan Hendry Herman mengatakan, optimistis penjualan produk Swab Antigen Test milik Abbott ini dapat berkontribusi signifikan terhadap total pendapatan IRRA sepanjang tahun 2021.

Selain kebutuhan untuk bepergian, pihaknya memperkirakan akan ada peningkatan permintaan seiring dengan antisipasi pemeriksaan yang dilakukan sebelum pelaksanaan vaksin. Untuk diketahui sepanjang tahun 2021, Itama Ranoraya telah menjual sebanyak 1 juta unit.

“Kami menargetkan mampu menjual 5 hingga 10 juta unit Swab Antigen Test di tahun ini, target ini meningkat 2 sampai 4 kali lipat dari realisasi penjualan di tahun 2020. Didukung dengan masuknya jenis produk Swab Antigen Test baru dengan metode nasal yang lebih nyaman bagi penggunanya dengan kualitas yang sama,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Panbio Antigen test produksi Abbott merupakan tes cepat diagnostik in vitro untuk deteksi kualitatif antigen SARS-CoV-2 (Ag) pada spesimen dengan metode usap nasofaring manusia dari individu yang memenuhi kriteria klinis dan/atau epidemiologi Covid-19.

Antigen test ini memiliki tingkat sensitivitas 98,2% dan spesifisitas 99,4% pada virus Covid-19 dengan waktu tes dan hasil 15-20 menit. Perseroan mulai menjual produk Swab Antigen Test Panbio milik Abbott pada Oktober tahun lalu. 

Adapun sebelumnya, demi meningkatkan penetrasi pasar, Itama Ranoraya mempersiapkan produk baru bernama Avimac yang akan dipasarkan oleh perseroan pada tahun ini. Penambahan produk ini dilakukan perseroan untuk memperbesar ruang pertumbuhan perusahaan kedepannya.

Avimac sendiri adalah produk Imunomodulator untuk meningkatkan imun tubuh milik perseroan. Saat ini produk tersebut sedang dalam uji klinis tahap-3 di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan dapat dipasarkan di apotek atau toko obat yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun depan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN